Deretan Tulisan Afi Nihaya yang Disebut Plagiat!

0
2083
Afi Nihaya
Copyright©Maknawi

Deretan Tulisan Afi Nihaya yang Disebut Plagiat!

Indowarta.com – Sejak tulisan Afi Nihaya Faradisa soal ‘Warisan’ viral dan menuai banyak pujian, ia kerap diundang untuk menjadi pembicara. Selain itu Afi Nihaya juga diundang untuk bertemu dengan pejabat daerah hingga Presiden Joko Widodo serta menjadi pembicara di berbagai forum diskusi.

Namun sayangnya ditengah euphoria tersebut, Afi Nihaya justru tersandung masalah plagiarism. Tak hanya satu tulisannya, namun ada beberapa tulisan Afi yang disebeut-sebut plagiat oleh netizen yang teliti serta menelaah tulidan yang dipostingnya melalui akun facebook pribadinya  yang punya pengikut lebih dari setengah juga itu.

Berikut ini sederet tulisan Afi Nihaya yang disebut plagiat:

Pertama yakni tulisannya yang berjudul ‘Belas kasih Dalam gama Kita’. Tulisannya ini diunggah Afi pada 25 Mei 2017 dan disebut hasil plagiat dari status facebook Mita Handayani yang berjudul ‘Agama Kasih’ yang ditulis pada tahun 2016 lalu.

Copyright ©Facebook

Afi memang tidak menyebut tulisannya tersebut hasil ‘mencontek’ karya dari Mita. Meski begitu di meminta maaf secara umum. Di sisi lain pemilik akun Facebook Mita handayani  yang disebut karyanya dijiplak oleh Afi sebenarnya tidak mempermasalahkan hal itu.

Bahkan Mita tak ingin kasus tersebut kian melebar. Namun, dunia memang cepat bergerak, sehingga isu yang niatnya ditutup rapat itu terlanjur menyebar.

Tulisan kedua Afi Nihanya yang dianggap plagiat yakni “Media Sosial Bagai Warung Makan’. Afi mengunggah tulisannya tersebut pada 8 Juni 2017. Namun rupanya netizen menemukan tulisan yang sama persis dengan unggahan akun Lembaga perlindungan Konsumen CELEBES pada 31 Desember 2016 lalu.

Copyright ©Facebook

Sebagian netizen menilai Afi Nihaya telah melakukan plagiarism, namun sebagian lagi menilai akun Lembaga Perlindungan konsumen Celebs yang memplagiat tulisan dari blog Afi yang ditulis pada 10 September 2016.

Tulisan yang ketiga yakni ‘Agama Facebook’. Tulisan Afi soal Facebook itu disebut mirip dengan tulisan yang ada di blog Ekoholic yang ditulis pada Sesala, 24 Februari 2015.

Copyright ©Ist

Saat hendak dikonfirmasi, nomor ponsel Afi sendiri rupanya sudah tidak aktif. Namun Afi kemudian meminta maaf meyusul banyak tudingan plagiarism yang ditujukan padanya.

Melalui akun Facebook pribadinya, Afi Nihaya menuliskan tulisan yang berjudul “This is Mya Apology” pada Minggu (11/6). Dalam tulisan itu ia menjelaskan dia telah ganti nomor lantaran banyak menerima pesan bernada sinis.

Baca Juga Minta Maaf Soal Status, Afi Nihaya Mengaku memang Mengutip Status Milik Orang Lain!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY