Misteri Malam Lailatul Qadar, Malam Penuh dengan Barakah!

0
457
Lailatul Qadar
Copyright ©wordpres

Misteri Malam Lailatul Qadar, Malam Penuh dengan Barakah!

Indowarta.com – Bulan puasa merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Dalam bulan puasa umat muslim juga menunggu yang namanya Malam Lailatul Qadar yang biasanya akan hadir pada 10 hari terakhir bulan puasa.

Malam Lailatul Qadar terdapat pada malam-malam ganjil 10 hari puasa Ramadhan terakhir. Lalu siapa yang berhak mendapatan malam penuh berkah ini? Dan berhak kah orang yang bolong bolong ibadahnya selama bulan Ramadhan mendapatkan Malam Lailatul Qadar, ini?

Malam yang penuh pengampunan dan barkah ini sendiri akan berlangsung sepanjang malam dalam 10 hari terakhir bulan ramadhan. Ustadz Atoillah yang merupakan pengasuh Pesantren Miftahul Huda berbendapat jika malam lailatul qadar ini terjadi sepanjang malam sejak magrib hingga subuh.

Maka dari itu 10 malam terakhir teptnya pada hari ganjil yakani 21,23,25,27 dan 29 menjadi malam yanag sangat dinantikan. Hanya orang-orange tertentu saja yang berhak mendapatkan malam yang mulia ini. Mengeni hal ini juga dicantumkan dalam Al-Quran yakni pada surat Al-Qadr.

Keutamaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan
Copyright ©satujam

 

‘Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut malaikak-malaikat dan juga Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam tersebut penuh dengan kesejahteraan hingga fajar’ (QS. Al-Qadr ; 3-5)

Malam Lailatul Qadar sendiri merupakan malam pengampunan dan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Ustaz Atoillah menegaskan jika ingin mendapatkan malam tersebut haruslah diperkuat dengan berbagai ibadah baik yang diwajibkan maupun disunnahkan.

Maka dari itu umat muslim yang ingin mendapatkan malam yang penuh barakah ini haruslah melakukan ibadah, namun bukan hanya di malam ganjil saja tetapi harus sepuluh hari terakhir bulan Puasa. Umat muslim dapat melakukan dengan ibadah sepanjang malam.

Agar bertemu dengan Malam Lailatul Qadar umt muslim supaya melakukan ibadah sepanjang malam. Dalam rentang magrib hingga subuh itu sangatlah berguna mulai dari ibadah wajib seperti sholat magrib dan isya serta ibadah sunnah seperti sholat tarawih, tahajud.

Namun ibadah tersebut harus dilakukan dengan sepenuh hati atau ikhlas serta dengan ketekunan. Dengan ketekunan tersebut nantinya akan berbuah pahala dan berbuah ridho serta ampunan dari Allah SWT. Namun cukup diketahui jika tak ada seorang pun yang tahu kapan waktu terjadinya lailatul qadar karena peristiwa itu merupakan rahasia Allah SWT.

baca juga :  Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar Yang Harus Kamu Ketahui !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here