Berita Terkini: Gempa Berkekuatan 6.3 SR Guncang Yunani, Getarannya Sampai di Istanbul!

0
369
Gempa
Copyright©impediapc

Gempa Berkekuatan 6.3 SR Guncang Yunani, Getarannya Sampai di Istanbul!

Indowarta.com – Kini sebuah getaran gempa terjadi di negara Yunani dan gempa ini membuat sejumlah daerah ikut merasakannya bahkan hingga ke Istambul, Turki. Gempa Yunani yang cukup kuat ini mengguncang lepas pantai Aegea, Turki Barat dan Pulau Lesbos.

Bedasarkan data yang diperoleh dari US Geological Survey menunjukan jika Gempa Yunani berkekuatan 6,3 skala richter (SR). Pusat gempa sendiri diketahui berada di 5 kilometer selatan dari Pantai Plomari, Kota di sebelah Pantai Lesbos.

Gempa ini mengakibatkan sejulah bangunan rusak dan kerusakan paling parah terjadi di Desa Vrisa. Untuk korban dari peristiwa gempa ini yakni 10 orang harus dilarikan ke rumah sakit setelah lindu tersebut terjadi.

Kejadian semacam ini memang sering kali terjadi di negara Turki dan Yunani. Hal tersebut karena kedua negara ini diketahui terletak di jalur patahan yang signifikan sehingga wajar saja jika gempa bumi sering terjadi di wilayah ini.

Gempa Yunani
Copyright ©bbc

Semenatara itu Gempa Yunani ini terjadi pada Senin, 12 Juni 2017 sekitar pukul 15.28 atau pukul 12.28 GMT waktu setempat. Kemudian setelah gempa awal itu tak berselang lama diikuti oleh gempa susulan yang berskala lebih kecil. Setelah gempa selesai sejumlah pihak melakukan pengecekan langsung ke lokasi yang terkena gempa.

Mengeni gempa di negara Yunani ini juga membuat sejumlah wilayah mengalami kerusakan yang cukup parah. Wali Kota mengatakan kepada tim media jika gempa tersebut meratakan bangunan seperti terkena bom. Diketahui setelah bebapa saat gempa usai ada seorang wanita yang terjebak dalam reruntuhan bangunan dan mengalami cedera.

Menurut informasi sekitar 500 warga Desa Vrisa terlihat mengungsi dan bermalam di tenda-tenda yang sudah disediakan di dekat hotel. Kemudian menurut laporan jalan utama dari ibu kota pulau Myatine hingga Plomari terhambat karena terjdi tanah longsor.

Gempa Yunani ini juga dijelaskan oleh Perdana Menteri Yunani, Alexis Tripras saat diminti konfirmasi oleh awak media. Dia menuturkan jika keselamatan warga di Lesbos dan Chios menjadi prioritas utama. Sedangkan Turki juga merasakan getaran yang dahsyat akibat gempa yang melanda Yunani kali ini.

Informasi menyebutkan jika sejumlah bangunan terasa berguncang yakni berada di Kota pantai Turki, Izmir. Cukup diketahui jika Turki dan Yunani dilanda puluhan gempa bumi beberapa dekade terakhir. Akibatnya kurang lebih 51 orang tewas dan terkhir gempa terjadi di Turki Timur pada Maret 2010 dengan kekuatan 6,0 SR.

baca juga : BMKG: Gempa Sukabumi yang Terasa Hingga di Bogor Tak Berpotensi Tsunami!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY