Berita Terkini: Jemaah Haji Qatar Akan Dilarang Masuk Masjidil Haram?

0
1455
Jemaah Haji Qatar
Copyright©aet

Berita Terkini: Jemaah Haji Qatar Akan Dilarang Masuk Masjidil Haram?

Indowarta.com– Telah dikabarkan bahwa pemerintah Arab Saudi ini teah melarang jemaah haji Qatar untuk memasuki Masjidil Haram di Mekkah. Harian terbitan Qatar yakni Al-Sharq ini telah mengabarkan bahwa situasi ini merupakan akibat dari krisis diplomatik yang kini telah dihadapi oleh negeri kecil tersebut.

Baca Juga Krisis Qatar: Perhitungan Penurunan Turis Timur Tengah Ke Indonesia!

Sementara itu Komnas HAM Qatar yakni NHRC ini telah mengatakan bahwa pihaknya telah menerima keluhan dari para jemaah haji Qatar yang pada saat ini sedang berada di Mekkah. Demikian yang etlah dikabarkan oleh Al-Sharq pada hari Sabtu 10 Juni 2017.

Ali bin Smaikh al-Marri yang merupakan Ketua NHRC ini telah mengatakan bahwa insiden yang telah melibatkan jemaah haji Qatar ini merupakan sebuah pelanggaran HAM. Hal ini karena telah mencegah jemaah haji Qatar untuk melaksanakan ibadah.

Jemaah Haji Qatar
Copyright©blogspot

Karena menjalankan ibadah dijamin di dalam konvensi hak asasi manusia, NHRC pun telah mengecam keras insiden yang telah menimpa jemaah haji Qatar tersebut. Tidak hanya itu saja, pada biasanya pemerintah Saudi ini tidak pernah menanyakan mengenai etnis ataupun asal negara jemaah yang akan memasuki Masjidil Haram.

Semntara itu kabar ini masih belu mendapatkan tanggapan dari pemerintah Arab Saudi. Namun kantor berita SPA pada pekan lalu telah mengabarkan bahwa pemerintah Saudi ini masih tetap menjamin izin dan juga fasilitas bagi para jemaah haji Qatar.

Baca Juga Krisis Qatar yang Makin Sulitkan Negara Non Muslim Selain Arab!

Kabar ini pun telah muncul setelah bebearpa hari Uni Emirat Arab (UEA) dan juga Bahrain mengkriminalkan siapa saja yang akan mengunggah simpati untuk Qatar di dalam media sosial. Tidak berhenti disitu saja, bahkan pemerintah Uni Emirat Arab ini pun juga telah mengancam pelanggar dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun dan juga denda 136.000 dolar Amerika Serikat. Sementara itu untuk pemerintah Bahrain ini akan menjatuhkan hukuman yang maksimal lima tahun bagi para pelanggar perintah tersebut.

Sementara itu Riyadh telah membantah bahwa Arab Saudi telah melarang warga Qatar utnuk memasuki kota suci Mekkah setelah mereka memutuskan hubungan dengan Qatar.

baca juga : 

Meski Nantinya Dikucilkan, Qatar Tak Akan Menyerah Begitu Saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here