Pengertian Sumpah Mubahalah yang Dilontarkan Oleh Habib Rizieq Shihab!

0
588
Habib Rizieq Shihab
Copyright©merdeka

Pengertian Sumpah Mubahalah yang Dilontarkan Oleh Habib Rizieq Shihab!

Indowarta.com – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sebelumnya sempat melontarkan Sumpah Mubahalah. Hbib Rizieq melontarkan sumpah ini di akun twitter pribadinya yang ditujukan kepada orang-orang yang dianggap telah menfitnah dirinya.

Rizieq sendiri membantah telah terlibat dalam kasus dugaan chat hot WhatApp berkonten pornigrafi yang juga melibatkan Firza Husein. Maka dari itulah Rizieq mengucapkan Sumpah Mubahalah yang ditulis dalam akun twitter pribadinya pada bulan Februari 2017 lalu.

Mubahalah. Alhmdulillah sejak saya memasuki usia taklif hingga saat ini saya tidak pernah mencuri, merampas, merampok, berjudi, sodomi dan berzina. Jika benar saya berdusta maka laknat Allah atas diri saya. Dan jika saya benar maka mereka ,yang memfitnah saya dan tidak segera bertaubat maka akan di laknat Allah SWT’ tulis Habib Rizieq.

Sementara itu Sumpah Mubahalah mempunyai arti tersendiri. Mubahalah berasal dari kata Bahlah atau Buhlah yang mempunyai arti kutukan atau bisa disebut laknat. Dalam praktiknya sendiri sumpah ini dilakukan oleh dua pihak yang tengah mempunyai perkara sama.

habib Rizieq
Copyright©entertaiment

Kedua yanag berperkara tersebut kemduian berdoa kepada Tuhan agar menjatuhkan laknat kepada pihak yang mengingkari janji. Sumpah ini juga merujuk pada salah satu ayat yang terdapat di dalam kitab suci Al-Quran.

‘Kemudian siapa yang membantahmu wahai Muhammad, mengenai sudah engkau beroleh pengetahuan yang benar. Maka dari itu katakanlah kepada mereka : ‘Marilah kita menyeru anak-anak kami dengan anak-anak kamu, diri kami serta diri kamu, kemduian ita memohon kepada Allah dengan sungguh-sungguh, kemudian meminta supaya laknat Allah diberikan kepada orang yang berdusta’ (QS. Ali Imran : 61).

Mengenai sumpah ini juga mendapat tanggapan dari Ustadz Syamsul Arifin Nabaan yang menjadi pendiri pondok pesantren Mualaf An Nabba Center. Dia menuturkan jika Muhabalah merupaan sumpah atas nama Allah SWT untuk masing-masing yang membuat pernyataan.

Jika disimpulkan Sumpah Mubahalah itu merupakan ungkapan untuk saling melaknat antar dua belah pihak. Sumpah ini juga busa disebut sebagai sumpah terakhir atau sumpah paling tinggi. Ustadz Nabaan mengatakan dalam sumpah ini Allah akan berikan azab atau laknat secara langsung atau istilahnya disebut sumpah serapah.

baca juga : Muhabalah Habib Rizieq Shihab dan Ade Armando Soal Kasus Chat Hot!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here