Benarkah Pemilik Situs Baladacintarizieq.com Ada di Pejaten?

0
485
Copyright ©CNN indonesia

Benarkah Pemilik Situs Baladacintarizieq.com Ada di Pejaten?

Indowarta.com – Nama Pejaten mendadak terkenal akhir pekan lalu. daerah di selatan Jakarta ini disngkutkan dengan negeri Paman Sam melalui tagar #PejatendiAmerika yang ramai bergema di kalangan netizen Tanah Air.

Lantaran sebuah artikel online di alamat analisabaladacintarizieq.blogspot.co.id. Tanpa menuliskan namanya sendiri, si penulis artikel itu rupanya mencari siapa pemilik di balik situs Baladacintarizieq.com.

Situs Baladacintarizieq.com diketahui merupakan sumber awal video yang diduga menggambarkan chat antara pimpinan Front Pembela islam (FPI) Rizieq Shihab dan Firza Husein, yang kemudian berkembang menjadi jeratan hukum bagi keduanya.

Baca Juga Berita Terkini: Firza Husein Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Baladacintarizieq!

Setelah ditelusuri menggunakan tool Censys, si penulis analis tersebut menemukan situs web dengan alamat anarchy.chaos.id yang bersifat ‘baladacintarizieq.com’ dan memiliki alamat IP 88.198.23.43. Si penulis tersebut mengklaim, semua itu terkait dengan seseorang bernama Irfan Miftach yang berdomisili di Pejaten.

Copyright ©Gema Rakyat

Netizen yang membaca tulisan hasil analisis tersebut kemudian menyimpulkan bahwa pemilik situs Baladacintarizieq.com adalah Irfam Miftach sang warga Pejaten.

Tentu hal ini bertolak belakang dengan keterangan yang disampaikan oleh pihak kepolisian sebelumnya. Pasalnya pihak kepolisian menyebutkan bawa sang pemilik berada di Amerika Serikat dari hasil penelusuran alamat IP.

Tagar #PejatendiAmerika pun mulai ramai. Badan Intelijen Negara akhinya ikut terkena getahnya dan dituding sebagai dalang lantaran berkantor di dekat tempat tinggal Irfan.  Namun benarkan Irfan Miftach merupakan pemilik domain baladacintarizieq.com?

Baca Juga Berita Terkini: Kak Emma Sudah Akui Chat Audio dengan Firza Husein di Baladacintarizieq!

Menurut Infosec Consultant & Digital Forensik Investgator Josua M.Sinambela, Irfan merupakan korban salah tangkap. Artinya, web yang ditangkap oleh si penulis itu bukan Baladacintarizieq yang asli. Namun hasil replika (mirror) yang memang semoat dibuat oleh Irfan pada Februari lalu.

Irfan sendiri membantah bahwa dia pemilik dari situs tersebut. Irfan melakukan mirroring terhadap situs tersebut pada 6 Februari 2017. Saat itu situs Baladacintarizieq sudah di blokir bersama empat situs lain.

“Gue bukan pemilik maupun penyebar konten yang ada di situs Baladacintarizieq.com. kalau kalian jeli, konten yang ada di situs Baladacintarizieq.com pertama kali disebarkan melalui media di tanggal sebelum gue melakukan mirroring,” tulus Irfan.

Usai Irfan menanggapi tudingan itu, si pembuat analis Baladacintarizieq.com tiba-tiba menarik artikel tersebut dari situsnya. Meski begitu, isinya masih bisa dibaca lantaran sepat diarsip oleh Web Archive.

Irfan menyayangkan sikap si penulis tanpa nama yang terkesan tidak bertanggung jawab. Apalagi si analsi tersebut telah merugikan nama baiknya. Jika bukan Irfan, lalu siapakah pemilik situs Baladacintarizieq.com yang sebenarnya?

Baca Juga Berita Terkini: Polisi Sebut Pembuat Situs Baladacintarizieq Lokasinya di Amerika!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here