Bedah Spesifikasi Baterei Motor Listrik Viar Q1!

0
950
Motor Listrik
Copyright ©detik

Bedah Spesifikasi Baterei Motor Listrik Viar Q1!

Indowarta.com –  Kini kehadiran Motor Listrik di tanah air semakin menunjukan keseriusannya. Salah satu kendaraan yang menggunakan daya listrik yakni Viar Q1 yang disebut-sebut mempunyai harga terjangkau yang tentunya membuat calon konsumennya tergiur.

Motor Listrik jenis Viar ini juga tak perlu membutuhkan biaya mahal dan diklaim biaya operasional lebih rendah dari pada motor konvensional. Namun dalam mengedarai juga perlu dipahami oleh konsumen sebelum mengemudikan motor jenis ini. Divertrain motor eletrik ini berbeda dengan motor konvensional.

Perbedaan tersebut akan mempengaruhi banyak faktor salah satunya yakni jika motor konvensional menggunakan bahan bakar minyak pada motor yang satu ini menggunakan tenaga baterai. Pada Viar Q1 ini menggunakan baterai jenis Lithuium-ion maintence free.

Baterai ini mempunyai spesifiksi 60v20AH dengan estimasi umur 600 hingga 800 pengisian ulang. Kapasitas maksimum untuk baterai ini yakni 2 kWh denagn entimase pengisian penuh memerlukan waktu selama kurang lebih 5 hingga 7 jam. Untuk Chargernya sendiri memiliki spesifikasi 220 volt dengan frekuensi 50 Hz.

Motor Listrik
Copyright©liputan 6

Penggunaan baterai jenis Lithioum-ion dalam Motor Listrik sudah menjadi pembeda. Dengan baterai ini membedakan dengan penggunaan baterai SLTA (Saled Led Acid) yang sering dijumpai pada penggunaan moto konvensional.

Baterai yang digunakan Viar Q1 ini memiliki bobot lebih ringan dengan kepadatan energy yang lebih baik. Baterai jenis Lithium-ion ini memiliki low self-discharge yang lebih rendah dibandingkan dengan jens lainnya.

Terlihat ada tulisan 60 V yang menunjukan jika baterai ini memiliki voltase sebesar 60 Volt. Dengan voltase tersebut menunjukan jika baterai ini memiliki kekuatan lima kali lebih besar dibandingkan dengan baterai yang digunakan pada motor konvensional.

Setiap pemakain baterai tentunya memiliki masa pakai masing-masing begitu pula dengan baterai jenis ini. Terlihat dari spesifikasi  menunjukan jika konsumen dapat melakukan pengisisan sebanyak 600 kali hingga 800 kali.

Motor Listrik jenis Viar ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 60 kilometer dalam sekali pengisisan. Dengan pernyataan terebut berarti akan memerikan jarak tempuh hingga 30 kilometer dalam setiap 1 kWh dan tarif listri per kWh yakni Rp 1467,28. Dan ini menunjukan jika penggunaan motor dengan tenaga listrik lebih hemat dibandingkan dengan motor konvensional.

baca juga : Viar Produksi 100 Buah Motor Listrik Setiap Bulan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here