Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur Dapat Meningkatkan 5 Resiko Ini Lho!

0
419
Copyright ©Liputan6

Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur Dapat Meningkatkan 5 Resiko Ini Lho!

Indowarta.com – Bermain ponsel sebelum tidur mmang menjadi ritual yang tak bisa dihindari. Ada saja alasan membuka smartphone sebelum tidur, entah ingin berbincang sejenak dengan kerabat di aplikasi pesan instan, browsing maupun berselancar di media sosial.

Akibatnya, jadwal tidur jadi molor karena terlalu asyik. Terlepas dari semua itu, ada Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur yang mengintai. Apalagi jika dilakukan secara rutin.

Salah satu penyebab utama mengapa membuka layar ponsel sebelum tidur cukup bahwya tak lain lantaran cahaya biru yang dipancarkan layar. Cahaya itu sebenarnya membantu pengguna dapat menilai layar dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Baca Juga Begini Cara Melacak Ponsel Android Hilang dengan Find My Device!

Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur apalagi dalam ruangan gelap, cahaya biru justru tidak baik untuk kesehatan mata. Parahnya, bisa juga berdampak buruk pada kesehatan.

Copyright ©National Geographic Indonesia

Rupanya masih ada sejumlah Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur yang akan dialami pengguna jika terus-terusan bermain ponsel sebelum tidur. Apa saja ya kira-kira?

  • Kelelahan otak

Bermain ponsel sebelum tidur trnyata membuat otak penggunanya kelelahan. Risiko bisa saja terjadi karena durasi waktu tidur terpotong, akibatnya aktivitas keesokan harinya terganggu karena terlalu lelah.

  • Kerusakan mata

Terlalu lama menatap layar ponsel pasti akan memberikan pengaruh buruk terhadap mata. Cahya biru dari layar ponsel akan membuat retina mata jadi tegang. Risiko terberat trlalu lama menatap layar ponsel adalah dapat menyebabkan katarak.

  • Obesitas
Copyright ©Liputan6

Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur selanjutnya yakni obesitas. Kurangnya waktu tidurakan memicu rasa lapar. Hormone dalam tubuh otomatis akan memberi dorongan untuk makan bahkan saat malam sekalipun.

Jika hal itu rutin dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.

  • Gangguan saraf

Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur dan terlalu lama membuat neurotix meningkat. Akibatnya syaraf tubuh akan terganggu jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus.

Baca Juga Begini Lho Hasil Jepretan Kamera Ponsel Nokia 3310 2017 yang berkekuatan 2 MP!

  • Depresi

Dari semua risiko yang disebutkan di ats, risiko terberat yakni depresi. Depresi dapat terjadi akibat kekurangan tidur sehingga hormone melatonin akan terganggu dan merusak mood.

Itu tadi ulasan Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur. Jadi mulai sekarang jangan dibiasakan bermain ponsel menjelang tidur.

Baca Juga Kebobolan, Pabrik Samsung Kemalingan Ribuan Ponsel!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here