Polisi Dinilai Belum Maksimal Lacak Penyebar Baladacintarizieq!

0
1426
Chat Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein
Copyrigth©widiynews

Polisi Dinilai Belum Maksimal Lacak Penyebar Baladacintarizieq!

Indowarta.com – Pihak kepolisian dinilai belum optimal mengusut sumber utama penyebar chat hot yang diduga melibatkan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dan Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana Firza Husein yang dipublikasikan melalui situs baladacintarizieq.

Ahli forensik digital Ruby Alamsyah mengatakan, ada beberapa teknik yang menurutnya belum dilakukan oleh pihak kepolisian sebenarnya, yang upload pertama kali di internet itu siapa?

Saat ditanya beberapa teknik yang belum dilakukan oleh polisi, Ruby hanya mengatakan “Ada lah”. “Tekniknya nge-trace atau lacak, di ciber crime itu biasanya ninggalin cyber trail,” ujar Ruby. Cyber trail yang dimaksud yakni jejak digital yang ditinggalkan oleh pelaku penyebaran chat hot tersebut.

Ruby sendiri dulu sempat menjadi saksi ahli saat mengungkap kasus Ariel dan Luna Maya beberapa tahun silam di pengadilan. Berkaca dari pengalamannya itu, metode yang sama sebenarnya bisa dilakukan untuk melacak penyebar chat hot melalui situs baladacintarizieq.

Copyright ©pojok satu

“Saya waktu itu tidak menyentuh Ariel. Saya hanya diminta untuk membuktikan saja dengan bukti yang ada. Setelah saya trace hampir tiga minggu, mendapatkan 23 orang dan Sembilan diantaranya dijadikan sebagai tersangka, sampai akhirnya berhasil didapat yang pertama kali menyebarkan,” ujarnya.

Sehingga menurut Ruby, untuk kasus baladacintarizieq ini logikanya sama saja. “Trace saja dulu di internetnya. Habis itu dapat komputernya, dapat device-nya. Dia dapatnya bener gak sih? Apa barangnya bikinan atau dapat dari orang lain, dari siapa?”.

Terkait dengan anonymous penyebar percakapan WhatsApp yang memuat konten tak senonoh yang disebutkan oleh pihak kepolisian berada di Amerika Serikat, Ruby menilai, domain situs baladacintarizieq sebenarnya dapat dibuat dari mana saja.

Seperti yang  telah diketahui, Januari 2017 lalu netizen dihebohkan dengan beredarnya chat hot yang diduga melibatkan pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab dengan Firza Husein. Tak hanya chat hot saja, dalam situs tersebut juga memuat foto seorang wanita tanpa busana yang diduga kuat merupakan Firza.

Saat ini polisi telah menetapkan keduanya sebagai tersangka dalam kasus chat hot tersebut. Meski keduanya membantah telah melakukan hal itu. sayangnya hingga kini polisi berlum berhasil melacak siapa penyebar utama dalam situs baladacintarizieq tersebut.

Baca Juga Firza Husein Mengaku Sudah Bantah Semua Pertantanyaan Setelah Diperiksa Selama 11 Jam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here