Alasan Utama Kenapa Megawati Dipilih Jadi Ketua Pengarah UKP Pancasila!

0
507
Copyright ©Liputan6

Alasan Utama Kenapa Megawati Dipilih Jadi Ketua Pengarah UKP Pancasila!

Indowarta.com – Pasca dilantik, seluruh Dewan Pengarah dan kepala Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Dari pertemuan itu, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Ketua Dewan Pengarah UKP-PIP.

Alasan utama mengapa Megawati dipilih sebagai ketua dewan lantaran dia mewakili arus pancasila tertentu. Meski dalam penyusunan pengurus UKP-PIP, masing-masing tokoh mewakili arus Pancasilanya sendiri.

Ketua UKP-PIP, Yudi Latif mengatakan, “Megawati penting terwakili karena mewakili arus Pancasila tertentu. Mahfud MD tafsir Pancasila Orde Reformasi. Biar saja bagaimana mereka mencari titik temunya”.

Baca Juga Sri Mulyani ataukah Megawati Soekarno Putri, Siapa yang Lebih Populer?

Selain itu Yudi juga menegaskan terpilihnya Megawati menjadi Ketua Dewan UKP-PIP bukan karena ada maksud tertentu. Ia menyebutkan, dalam susunan pengurus UKP-PIP masing-masing memiliki pandangan tersendiri soal Pancasila. Namun hal ini justru dapat membangkitkan Pancasila kembali.

WAJIB BACA :  Soal Pidato Pribumi Anies Baswedan, Hidayat Nur Wahid Singgung Jokowi dan Megawati!
Copyright ©Metrotvnews

Yudi menjelaskan, ada hal yang menarik di pertemuan sidang dewan pengarah pertama. terjadi perbedaan pandangan. Ada Try Sutrisno yang membawa aspirasi Pancasila Orde Baru, disini kencang kembali ke UUD 1945.

Kemudian juga ada Syafii Maarif dan Mahfud MD yang jelas tak mau kembali ke UUD 1945. Sehingga menurutnya kontestasi di dalamnya juga menarik.Diketahui, Sembilan tokoh nasonal hadir di istana negara Jakarta untuk dilantik Presiden Jokowi sebagai anggota Dewan Pengaruh UKP-PIP.

Unit kerja baru ini nantinya akan bertugas untuk membantu presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideology Pancasila, dengan tujuan dapat mendorong masyarakat agar lebih mencintai, menghayati, memahami serta mengamalkan nilai Pancasila sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

WAJIB BACA :  Soal Pidato Pribumi Anies Baswedan, Hidayat Nur Wahid Singgung Jokowi dan Megawati!

Baca Juga Curhatan Megawati Soekarnoputri Soal Dikalahkan SBY di Pilpres 2004 didepan Relawan Ahok!

Rencananya sosialisasi terkait dengan nilai-nilai Pancasila ini akan melibatkan berbagai komunitas termasuk juga para blogger.

Tak hanya menjadi dasar negara, namun pancasila juga merupakan bagian dari sejarah Indonesia dengan perjuangannya. Bahkan menurut Presiden kelima RI, Megawati, mungkin tak akan ada nama Indonesia jika tak ada Pancasila.

Seperti diketahui, sebelum meproklamirkan kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Soekarno yang kala itu belum menjabat sebagai presiden, telah mengutarakan gagasannya soal rumusan dasar negara yang terdiri dari 5 sila, pada sidang BPUPKI 1 Juni 1945.

Baca Juga Presiden Jokowi Akan Lantik Megawati dan Ma’ruf Amin dalam UKPPIP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here