Djarot Minta Seluruh Jajarannya Siapkan diri Antisipasi Lonjakan Pemudik!

0
564
Copyright ©detik

Djarot Minta Seluruh Jajarannya Siapkan diri Antisipasi Lonjakan Pemudik!

Indowarta.com – Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ditunjuk menjadi inspektur pada apel kesiapan mudik dan arus balik angkutan lebaran 2017 di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Dalam sambutan yang diberikan, Djarot meminta para perugas yang bertugas selama arus mudik dan arus balik selalu siaga.

Dalam apel tersebut juga dihadiri jajaran TNI, Satpol PP, Pramuka, SKPD terkait dan Pemadam Kebakaran. Sementara yang ditunjuk menjadi pemimpin apel yakni kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah.

Selain itu, Djarot juga mengatakan, mereka harus mulai bersiaga sejak H-10 menjelang lebaran hingga H+10 usai lebaran. Politisi PDI-P ini juga mengingatkan soal kemungkinan trjadinya lonjakan kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta pada arus mudik mendatang.

Baca Juga Kapan Pelantikan Djarot Jadi Gubernur DKI?

Menurut Djarot, dari data prediksi yang diperolehnya, pada mudik lebaran tahun ini diperkirakan aka nada sekitar 9,5 juta kendaraan pribadi yang keluar dari Jakarta. Sepeda motor masih menjadi kendaraan favorit para pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Copyright ©Poskota

Dari data Dirjen Perhubungan Darat pada tahun 2016 lalu ada 3,06 juta kendaraan roda empat yang meninggalkan Jakarta. Sedangkan untuk tahun 2017 diperkirakan roda  empat yang akan meninggalkan Jakarta meningkat menjadi 3,48 juta.

Sementara itu, untuk roda dua tahun 2016 lalu ada 5,14 juta yang meninggalkan Jakarta. Untuk tahun 2017 ini diperkirakan akan meningkat menjadi 6,7 juta motor yang meninggalkan Jakarta. Jadi tital keseluruhan ada sekitar 9,5 juta kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta.

Baca Juga Bakal Jadi Gubernur DKI Gantikan Ahok, Djarot Lakukan Persiapan Ini?

Sementara untuk pemudik yang menggunakan kendaraan umum diprediksi akan mengalami penurunan. Penurunan akan terjadi sekitar 2,11 persen.

Djarot juga meminta agar Terminal Pulo Gebang lebih meningkatkan pelayanannya. Selain itu, keberadaan terminal juga harus mulai dipopulerkan. Karena menurutnya, saat ini Terminal Pulo Gebang masih kalah pamor dibandingkan dengan terminal-terminal yang ada didekatnya, seperti PTrminal Pulogadung.

Ia mengatakan Terminal Pulo Gebang merupakan terminal terbesar di Asean. Sehingga diharapkan keberadaannya membantu pemberian pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik. Selain itu terminal tersebut juga dijadikan sebagai posko angkutan lebaran.

Usai melakukan apel, Djarot menyempatkan diri untuk berkeliling terminal guna mengecek kesiapan terminal. Salah satu bus tujuan Bengkulu dan Blitar juga sempat dicek kelayakannnya oleh mantan Wali Kota Blitar ini. setelah itu ia menempelkan stiker yang bertuliskan ‘Layak Jalan Angkutan lebaran 2017’.

Baca Juga Saat Djarot Tawarkan Penitipan Motor Gratis Bagi Para Pemudik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here