Sekolah Akan Diberi Peringatan Jika Siswanya Tak Lakukan Daftar Ulang SBMPTN 2017!

0
758
SBMPTN
Copyright©Pelajar Indonesia

Sekolah Akan Diberi Peringatan Jika Siswanya Tak Lakukan Daftar Ulang SBMPTN 2017!

Indowarta.com – Sekolah-sekolah yang siswanya lolos dalam Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), namun siswa tersebut tidak melakukan daftar ulang SBMPTN 2017 atau registrasi terancam diblacklist dari perguruan tinggi negeri di mana mereka diterima.

Menurut keterangan dari Wakil Rektor 1 Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Kusmartono, peserta yang lolos SBMPTN sudah bisa melakukan registrasi. Daftar ulang SBMPTN 2017 secara online dimulai pada hari ini, Rabu 14 Juni 2017 di website PTN masing-masing.

“Bagi yang tidak melakukan registrasi, PTN telah menyiapkan sanksi untuk sekolah asal yang berangkutan,” ujar Kusmartono.

Kusmartono mengatakan, pihaknya tengah mengumpulkan data siswa dan sekolah yang tidak melakukan validasi untuk kepentingan pengiriman surat peringatan. Implikasinya, untuk penentuan rumus tahun depan. Indeks kelolosan sekolah tersebut bisa dikurangi, bahkan di blacklist.

SBMPTN
Copyright©Tribunnews

Rata-rata peserta yang lolos dan tidak melakukan daftar ulang SBMPTN 2017 sekitar 10 hingga 20 persen pada fakultas yang kurang favorit. Untuk peserta jalur undangan (SNMPTN) yang tidak melakukan registrasi ulang sekitar 8 persen.

Dari jumlah 3.083 peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN, hanya 2.967 yang melakukan daftar ulang. Sisanya dialihkan ke SBMPTN. Maka dari itu jumlah yang diterima melalui jalur SBMPTN tidak dibulatkan menjadi 4 ribu seperti kuota awal, melainkan ditambah menjadi 4.176 lantaran untuk memenuhi kuota SNMPTN dan SBMPTN.

Selain Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri Maulana malik Ibrahim (UIN Maliki) juga menerapkan langkah serupa. Mulai tahun ini pihak kampus akan mengirimkan surat ke sekolah yang siswanya tidak melakukan registrasi ulang setelah diterima SNMPTN dan SBMPTN.

Dengan adanya sanksi trsebut, diharapkan sekolah maupun siswa tidak main-main saat mendaftar ke PTN lantaran mereka dianggap telah menyia-nyiakan kesempatan. Padahal masih banyak peserta lain yang ingin lolos namun mereka harus gugur.

Untuk tahun pertama ini hanya berupa peringatan. Namun untuk tahun selanjutnya, bisa berupa backlist jika terjadi berkali-kali dari sekolah yang sama. Maka dari itu, bagi peserta yang lolos, segera lakukan daftar Ulang SBMPTN 2017 agar tidak merugikan banyak pihak.

Baca Juga Lolos SBMPTN 2017, Jangan Lupa Daftar Ulang Ya Agar Tak Kena Blacklist!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here