Alasan Kenapa Pasien Diabetes Bisa Alami Kebutaan!

0
841
Copyright ©Medical Secrets

Alasan Kenapa Pasien Diabetes Bisa Alami Kebutaan!

Indowarta.com – Diabetes kerap dikenal sebagai penyakit yang menyerang pembuluh darah di tubuh, baik pembuluh darah besar seperti pada otak, jantung dan paru-paru maupun pembuluh darah kecil pada mata dan kaki.

Menurut penjelasan yang diberikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Muhammad Ikhsan Makoagow, Sp.PD dari Jakarta Eye Center mengungkapkan bagaimana proses diabetes merusak pembuluh darah penderitanya.

Pasalnya kandungan vitamin, mineral, dan protein dari makanan pada orang yang menderita diabet tidak mampu menyerap ke sel-sel tubuh. Ini disebabkan oleh insulin, hormone yang dihasilkan pancreas untuk mengubah glukosa menjadi energi, gagal bekerja.

Baca Juga Pernah Mengalami Mata Berdarah, Ini Lho Penyebab Utama Kenapa Pembuluh Darah Mata Pecah !

Sehingga reaksi yang terjadi yakni kerusakan pembuluh darah. Hal inilah yang kemudian membuat pembuluh darah mengalami kebocoran. Pembuluh darah yang paling umum diserang yakni pembuluh darah pada otak, ginjal dan mata.

Copyright ©Alodokter

Yang paling terlihat gejalanya itu pembuluh darah yang bocor di retina mata (retinopati diabetik). Penderita diabetes akan merasakan pengelihatan mata buram maupun berbayang. Kondisi yang seperti ini biasanya pasien baru menyadarinya dan memeriksa diri.

Jika kebocoran itu tidak tertangani, maka lama kelamaan pengelihatan penderita akan semakin berkurang dan berujung kebutaan. Selain itu pembuluh darah yang bocor di retina mata juga bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada pembuluh darah lain. hal itu kebanyakan tidak disadari penderita diabetes.

Baca Juga Ilmuwan Ini Kembangkan Tato Pemantau Gula Darah, Kok Bisa?

Hal itu biasanya disebabkan oleh gula darah yang tak terkontrol sehingga menyebabkan pembuluh darah mengalami kebocoran. Di Indonesia sendiri, retina diabetic menyerang 8,8 juta orang pada tahun 2015 lalu. jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat.

Meningkatnya jumlah penderita diabetes yang mengalami retinopati diabetik disebabkan kurangnya kesadaran pasien untuk memeriksakan matanya. Padahal, semakin lama orang tersebut menderita diabetes, maka beresiko besar terkena retinopati diabetik.

Jadi alangkah baiknua, jika pasien sudah terdiagnosis diabetes sejak awal, dia harus cepat memeriksakan mata. Jadi kebutaan dapat dicegah lebih dini. Jadi untuk penderita diabetes, selain menjaga makanan, maka alangkah lebih baiknya untuk rutin ke dokter guna mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Baca Juga Awas. .Es Teh Manis Tak Selalu Memberikan Kesegaran, Ada Bahayanya Juga Lho!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY