Berita Hari Ini : Izin Operasi Uber dan GrabCar Masih Dalam Proses !

0
1258
Uber

Berita Hari Ini : Izin Operasi Uber dan GrabCar Masih Dalam Proses !

indowarta.com– Ada dua izin yang harus dipunyai oleh Uber dan GabCar untuk bisa mengoperasikan angkutannya. Hal ini telah disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Dua izin tersebut adalah izin penyelenggaraan dan izin operasi.

Andri Yansyah mengatakan bahwa semua izin sudah dilengkapi, hanya tinggal tahap verifikasi saja. Hal ini karena aplilkasi mereka bermitra dengan angkutan sewa. Izin penyelenggaraan tersebut seperti kelengkapan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), akta pendirian, dan juga izin usaha. Syarat-syarat tersebut sudah dilengkapi oleh mitra kerja Uber yaitu JTUB dan juga mitra kerja Grab yaitu PPRI.

Saat ini proses izin operasi sedang berjalan. Izin operasional tersebut akan diperoleh dengan cara memiliki minimal lima kendaraan dengan STNK atas nama perusahaan, menggunakan kendaraan minimal 1.300 cc, memiliki pul, memiliki fasililtas perawatan mobil, memiliki kartu uji dan kartu pengawasn dan nomor pengaduan masyarakat.

Andri megnatakan bahwa proses izin operasi memang sedang berlangsung. Dia mengaku bahwa sudah ada sekitar 700 sekian mobil yang sudah masuk dan akan diuji kir.

Uber

Dishubtrans sendiri sudah memberikan toleransi kepada mitra kerja untuk bisa menggunakan STNK atas nama pribadi. Namun untuk selanjurnya dalam kurun waktu satu tahun kedepan harus diperpanjang menggunakan atas nama perusahaan.

Perturan ini bukan hanya berlaku untuk Uber dan juga GrabCar. Peraturan ini juga berlaku untu KWK. Momentum seperti inilah yang akan menertibakan masalah angkutan di DKI Jakarta.

Jika di dalam hitungan persen, proses izin Uber dan juga GrabCar sudah mencapai angka 70 sampai 75 persen. Untuk masalah tarif, Uber dan GrabCar mengajukan perizinan sebagai sewa angkutan. Hal ini membuat mekanisme tarigfnya tidak dijalankan sama dengan tarif pada taksi plat kuning pada umunya. Cara menentukan tarif adalah berdasarkan kesepatan perusahaan dengan konsumen.

baca juga :

Berita Terkini : Inilah Perbandingan Tarif UberMotor Dibandingkan dengan GoJek Dan GrabBike !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here