Bukan Dihapuskan, Pendidikan Agama di Sekolah Malah Akan Diperkuat Oleh Mendikbud!

1
690
Berita Terkini: Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Selamanya ?
Copyright ©Okezone

Bukan Dihapuskan, Pendidikan Agama di Sekolah Malah Akan Diperkuat Oleh Mendikbud!

Indowarta.com– Beredarnya pemberitaan yang telah menyebutkan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan meniadakan Pendidikan Agama Sekolah ini tidak benar adanya. Di dalam agenda reformasi sekolah sesuai dengan arahan Mendikbud yakni Muhadjir Effendy, tidak ada upaya untuk meniadakan pendidikan agama.

Baca Juga Mendikbud Minta Anak Didik Punya Daya Saing Tinggi Saat Peringati Hardiknas hari ini!

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Ari Santoso dalam keterangan tertulis dari Kemdikbud pada hari Rabu 14 Juni 2017 ini telah menyebutkan “Justru pendidikan keagamaan yang selama ini dirasa kurang dalam jam pelajaran pendidikan agama akan semakin diperkuat melalui kegiatan ekstrakurikuler”.

Ari sendiri telah mengatakan hal tersebut setelah mengikuti Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan dengan Unit Pelaksana Teknis di kantor Kemendikbud, Jakarta yang telah digelar pada hari Seasa 13 Juni 2017.

Copyright ©

Ari menjelaskan bahwa mengenai pertanyaan wartawan kepada Muhadjir Effendy setelah rapat kerja dengan Komisi X DPR apakah dengan penerapan lima hari sekolah ini akan meniadakan madrasah dan juga mengaji. Pertanyaan itu pun dijawab oleh Muhadjir Effendi dengan tegas bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017. Sekolah bisa saja berkerja sama dengan lembaga pendidikan yang telah menyelenggarakan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai karakter utama religius ataupun keagamaan.

Baca Juga Berita Terkini: Kemendikbud Pastikan UN SMP 2017 Siap Dilaksanakan!

Ari menjelaskan “Judul pemberitaan tersebut tidak tepat. Ada konteks yang terlepas dari pernyataan Mendikbud usai Raker dengan Komisi X Selasa siang”. Ari juga menjelaskan bahwa Muhadjir Effendy ini mencontohkan mengenai penerapan penguatan pendidikan karakter yang telah dilakukan oleh beberapa kabupaten seperti pada Kabupaten Siak yang telah memberlakukan pola sekolah sampai 12.00 lalu akan dilanjutkan dengan belajar agama bersama dengan para ustadz. Setelah itu para siswa pun juga akan diberikan makan siang yang dananya diambil dari APBD.

Selain itu Muhadjir juga telah menyampaikan mengenai pola yang telah diterapkan di Kabupaten Pasuruan dimana para siswa akan belajar mengenai agama di madrasah diniyah. Peryataan dari Muhadjir ini telah sesuai dengan pasal 5 ayat 6 dan ayat 7 Permendikbud tentang Hari Sekolah yang mendorong penguatan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler.

baca juga : 

Kemendikbud Tegaskan Penerapan Sistem Sekolah 8 Jam Sehari Akan Diberlakukan Secara Bertahap!

1 COMMENT

  1. Comment: Pak menteri Yth, tolong kalau mau membuat kebijakan lihat kondisi riil dilapangan. Dan tolong setiap kebijakan dijabarkan teknisnya seperti apa. Sehingga pelaksana yang dibawah tidak menjadi bingung. Sebagai catatan, kurikulum 2013 saja belum sepenuhnya dapat dilaksanakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here