Sambut Mudik 2017: PMI Siagakan 328 Ambulan dan 7.810 Tenaga Medis!

0
404
Mudik 2017
Copyright©jateng

Sambut Mudik 2017: PMI Siagakan 328 Ambulan dan 7.810 Tenaga Medis!

Indowarta.com – Hari Raya Idul Fitri kini sudah tinggal beberapa hari lagi dan tentunya arus mudik lebaran akan segera berlangung. Untuk membantu Mudik 2017 Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar apel siaga Lebaran 2017 di Markas Pusat PMI di Jakarta Selatan pada Kamis, 15 Juni 2017.

Apel siaga Lebaran PMI ini ditandai dengan pelepasan tim pos pertolongan petama beserta armada ambulans untuk membantu Mudik 2017. Acara tersebut di pimpin oleh Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita.

Nantinya petugas PMI yang sudah dibagi menjadi beberapa tim akan menempati pos-pos yang sudah disediakan sebelumnya. Para petugas akan disiagakan untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran 2017 yang kini sudah dekat.

Tahun ini PMI menyiapakan skitar 328 ambulans, sebuah halikopter untuk bantuan cepat, 529 pos pertolongan pertama dan melibakan 7.180 personel. Ribuan personel PMI yang disipakan terdiri atas dokter, relawan dan paramedis.

Mudik 2017
Copyright©temponasional

Para petugas PMI Mudik 2017 nanti akan berjaga di pos yang sudah disediakan dan akan memberikan bantuan kepada pemudik yang mengalami permasalahan kesehatan ataupun kecelakaan. Seperti yang dikatakan oleh Ginandjar yakni disediakan tim pos pertolongan PMI di titik rawan kecelakaan yang dilalui pemudik.

Selaian berada di pos, personel juga dibagi tugasnya di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan dan tempat wisata. Pelaksaanaan tim pos pertama dimulai H-7 hingga H+8 lebaran 2017 dan PMI tidak sendirian karena nantinya juga akan dibantu oleh sejumlah instansi lain untuk mengatus arus mudik tahun ini.

‘Kami tak sendiri, sebagian pos pertolongan pertama PMI juga akan berkoordiasi dengan instansi lainnya misalnya kepolisian, dinas kesehatan dan dinas perhubungan’ ujar Ginandjar.

Tak hanya itu PMI juga menghadirkan pertolongan pertama bergerak dengan menggunakan sepeda motor. Pertolongan dengan kendaraan roda dua ini akan mencangkup wilayah di Jawa Tengah mulai dari Brebes, Pemalang, Batang, Banyumas, Demak dan Purworejo.

Dalam membantu kelancaran Mudik 2017 ini PMI juga menyiapkan ambulans untuk pertolongan pertama di sejumlah pos. Nantinya akan disediakan unit transfusi darah (UTD) dan instansi gawat darurat (IGD) di Rumah Sakit PMI Bogor. PMI sendiri akan menyebarkan pesan keselamatan bagi pemudik yakni berupa stiker, brosur dan melalui media sosial.

baca juga : Jangan Lupa, Tiket Penjualan Kereta Api Mudik Dijual Lagi Mulai 14 Juni!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here