10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan, Menanti Kehadiran Malam Lailatul Qadar!

0
313
Keutamaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan, Menanti Kehadiran Malam Lailatul Qadar!

Indowarta.com– Menurut berbagai riwayat, malam yang telah digadang-gadang oleh seluruh umat Islam di dunia ini datang pada 10 hari terakhir bulan ramadhan yang khususnya pada tanggal ganjil. Namun tidak seorang pun yang tahu mengenai datangnya malam lailatul qadar kapan tepatnya.

baca juga : Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar Yang Harus Kamu Ketahui !

Selama ini para umat islam hanya bisa membaca tanda-tanda malam lailatul qadar yang menurut Al Quran lebih baik dari 1000 bulan ini. Sungguh betapa mulianya malam lailatul qadar ini karena akan mampu membaa seorang hamba pada ketakwaan yang hakiki.

Berdasarkan dari QS Al Qadr: 1 “Ada suatu malam yang bernama Lailatul Qadar”. Ada juga QS Ad-Dukhan: 3 “malam yang penuh berkah di mana dijelaskan atau ditetapkan segala urusan besar dengan kebijaksanaan”.

Copyright ©Inilah

Telah ditegaskan bahwa di dalam Al Quran, malam tersebut adalah malam mulia, tidak mudah diketahui betapa besarnya kemuliannya. Ini telah diisyaratkan oleh adanya pertanyaan di dalam bentuk pengagungan yakni “Wa ma adraka ma laylatul qadar”.

Untuk memperoleh pemahaman yang jernih terkait malam lailatul qadar, Muhammad Quraish Shihab seperti disarikan dari bukunya karyanya “Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat.” (Mizan, 1999) telah memberikan beberapa keterangan terkait dengan arti kata qadar Mufassir kenamaan tersebut memaparkan tiga ari pada kata qadar tersebut.

baca juga : Begini Keutamaan 10 Hari Terakhir Di Bulan Ramadhan yang Musti Kamu Ketahui !

Yang pertama adalah qadar ini berarti penetapan atau pengaturan. Oleh sebab itu bisa diartikan bahwa malam lailatul qadar ini dipahami sebagia malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Pendapat ini telah dikuatkan lagi oleh Firman Allah pada Surat Ad-Dukhan ayat 3.

Yang kedua adalah qadar berarti kemuliaan. Malam itu merupakan malam mulia yang tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al Quran serta karena ia telah menjadi suatu titik tolak dari segala kemuliaan yang dapat diraih.

Yang ketiga adalah qadar berarti sempit. Malam tersebut merupakan malam yang sempit karena banyaknya malaikan yang turun ke bumi seperti yang telah ditegaskan di dalam surat Al Qadar.

baca juga : 

Misteri Malam Lailatul Qadar, Malam Penuh dengan Barakah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here