Menguak Rahasia Keistimewaan Malam Lailatul Qadar!

    0
    525
    Copyright ©Tribunnews

    Menguak Rahasia Keistimewaan Malam Lailatul Qadar!

    Indowarta.com – Seiring dengan datangnya bulan Ramadhan ini kita diingatkan tentang suatu malam yang sangat istimewa. Suatu malam yang ingin didapatkan oleh semua umat Islam, apalagi kalau bulan Malam Lailatul Qadar.

    Dilansir dawi Wikipedia, lailatul qadar dalam bahasa Arab berarti malam ketetapan atau salah satu malam penting yang terjadi pada 10 malam terakhir Ramadhan, yang dalam Al Qur’an dikabarkan malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Selain itu juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur’an.

    Pada malam lailatul qadar juga telah disebutkan bahwa siapa pun yang mendapatkannya maka akan menerima keberkahan, dosa-dosanya diampuni serta permohonannya akan dikabulkan. Lailatul qadar datang pada waktu yang tak terduga.

    Baca Juga Berita Terkini : Tepat Malam Ini Disebut Dengan Malam Nuzulul Quran ‘Hari Diturunkannya Al Quran’ !

    Namun terdapat tanda-tanda berdasarkan hadist serta pendapat para ulama. Nah kali ini kita akan membahas tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar, diantaranya yakni:

    Copyright ©Inilah
    • Malam diturunkannya Al Qur’an

    Hal itu tercantum dalam QS. Al Qadar ayat 1-5. “Sesungguhnya Kami menurunkan Alquran pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, Pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Rabb mereka (untuk membawa) segala urusan, Selamatlah malam itu hingga terbit fajar”.

    Terdapat pada QS. Ad Dukhon: 3, malam yang diberkahi dalah surat ini merupakan malam lailatul qadar. “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.”

    Baca Juga Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar Yang Harus Kamu Ketahui !

    • Diampuninya dosa-soa bagi orang yang mendapatkannya

    Dari Abu Huraira, dari Nabi SAW, bersabda, Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

    • Waktu diturunkannya Al Qur’an

    Ibnu ‘Abbas dan selainnya mengatakan, “Allah menurunkan Al Qur’an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 403).

    Baca Juga Misteri Malam Lailatul Qadar, Malam Penuh dengan Barakah!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY