Kronologis Pengungkapan Sel Mewah di Lapas Cipinang!

0
744
Copyright ©RMOL

Kronologis Pengungkapan Sel Mewah di Lapas Cipinang!

Indowarta.comPengungkapan sel mewah di dalam Lapas Klas IA Cipinang, Jakarta Timur berhasil dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Rupanya, penjara dengan fasilitas khusus trsebut milik anak buah gembong nark0ba Freddy Budiman, Haryanto Chandra alias Gombak.

Menurut keterangan yang dikatakan oleh Kepala BNN Komjen Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas, penggeledahan sel Gombak diawali dengan pengembangan penangkapan kasus narkotika.

BNN lantas operasi intelejen untuk mendapatkan bukti adanya pemberian ruangan khusus terhadap Gombak. Termasuk fasilitas penggunaan CCTV untuk memantau aktivitas lapas. Sehingga pihaknya dapat merekam, memfoto, dan mendokumentasikan kegiatan mereka.

Baca Juga Berita Terkini: Kondisi Ruang Tahanan Mewah, Jessica Wongso Berkelit !

Dari hasil penelusuran TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) oleh PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan) itu dapat mengetahui aliran dana yang dilakukan oleh jaringan ini.

Copyright ©Tribunnews

Menurut Buwas, Pengungkapan Sel Mewah di Lapas bukanlah hal baru. Dengan adanya penemuan terbaru itu, dirinya yakin masih ada sel mewah seperti ini di Lapas Klas IA Cipinang

“Kita juga temukan di lapas ada ini dan itu. Seperti di Sumut kita temukan bungker narkotika. Di Sumut pernah kita temukan brankas uang di dalam lapas dari hasil penjualan narkotika ada Rp 24 juta,” ungkap dia.

Baca Juga Berita Hari Ini: Anggita Sari Diciduk Polisi Kasus Pemakaian Obat Terlarang, Ikuti Jejak Freddy Budiman?

Pengungkapan Sel Mewah dan kasus-kasus tersebut, membuktikan bahwa para pengedar obat terlarang masih bisa leluasa di dalam lapas. Para pelaku maupun Bandar yang telah melakukan pidana namun leluasa menikmati hidup dan transaksi narkotika di dalam lapas.

Buwas menegaskan, pihaknya melihat ruangan khusus, ada fasilitas WiFi, ada token untuk melakukan transaksi, tempat tidur yang luar biasa serta ruang makan yang luar biasa.

Terkait dengan Pengungkapan Sel Mewah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemekumham) DKI Jakarta, Endang Sudirman, mengatakan, pihaknya berencana memindahkan terpidana kasus narkotika Gombak ke Lapas Nusakambangan.

Gombak merupakan penghuni sel mewah di Lapas Klas IA Cipinang, Jakarta Timur. Dengan pemindahan itu, Haryanto bisa diawasi lebih ketat. Akan tetapi pemindahan trsebut baru dapat dilakukan setelah Haryanto kembali dari BNN.

Setelah penggeledahan di sel yang dihuninya, Haryanto dibawa oleh BNN untuk menjalani pemeriksaan. Keterangan Haryanto dibutuhkan BNN untuk mengungkap dugaan TPPU yang dilakukan oleh LTT, bagian dari jaringan Haryanto Chandra, dalam bisnis peredaran narkotika. Saat ini LTT menghuni Lapas Medaeng Surabaya.

Baca Juga Berita Terkini : begini Kondisi Ruang Tahanan Jessica Wongso Menurut Polda Metro Jaya, Mewah ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here