Berita Hari Ini : Kenali Sosok Claude Shannon Yang Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini !

0
1015
Claude Shannon

Berita Hari Ini : KenaliĀ  Sosok Claude Shannon Yang Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini !

indowarta.com– Hari ini google memperingati hari lahir yang ke 100 dari Claude Shannon. Namun siapakah sosok Claude Shannon? Mari kita ulas sedikir sejarah tentangnya.

Nama lengkapnya adalah Claude Elwood Shannon yang lahir di Petoskey, Michigan pada hari minggu 30 April 1916. Ayahnya bernama Claude Sr (1862-1934) yang merupakan keturunan New Jersey. Ayanya adalah seorang pelaku bisnis dan juga Hakim. Ibunya bernama Mabel Wolf Shannon (1880-1945).

Ibunya merupakan putri dari9 imigram Jerman. Dia adalah seroang guru dan selang beberapa tahun kemudian menjadi seorang kepala sekolah Menengah di Gaylord Michigan.

sebagai seorang anak laki-laki, dia memiliki kecenderungan di arah tentang teknik. Matapelajaran yang paling dia kuasai adalah matematika dan ilmi pengetahuan. Dia sempat membuat model pesawat, model perahu yang bisa dikendallikan melalui radio dan juga telegraf.

Claude Shannon

Pada tahun 19332 dia masuk dalam Universtas Michigan. Dia mendapatkan gelar sarjananya pada tahun 1936. Dia merangkap dua gelar sarjana yaitu Sarjana Muda Teknik Elektro dan Sarjana Muda Matematika. Hal itu menunjukkan ketertarikannya mengenai rancang bangunan dan juga matematika.

Pada tahun 1936 Claude Shannon mendapatkan posisi sebagai asisten riset di Departemen TEknik Elektro, Massachusetts Institute of Technology. Dia juga dikenal sebagai ahli teknik dan matematikawan. Selama hidupnya dia sangat terkenal dengan teori matematika untuk komunikasi sehingga dia menerapkan teori matematik untuk ilmu komputer.

Shannon dikenal sebagai bapak teori informasi. Dia menggabungkan teori matematika dengan prinsip rekayasa untuk mengatur panggung, untuk mengatur pengembangan komputer dan revolusi komunikasi digital.

Melalui tesis yang dia tulis bahwa aplikasi aljabar Boolean bisa membangun apapun logis, numerik. Dia juga ikut berkontribusi di bidang kriptanalilsis untuk pertahanan nasional selama terjadi Perang Dunia ke dua. Tak ketinggalan juga termasuk pekerjaan dasarnya pada codebreaking dan telekomunikasi aman.

Claude Shannon meninggal pada tanggal 24 Februari 2001 silam di Medford, Messchusetts, Amerika Serikat.

baca juga :

Berita Hari Ini : Menyibak Makna Dibalik Peringatan Hari Bumi 2016 Yang Turut Diramaikan Oleh Google Doodle Hari Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here