Yahoo Akhirnya Resmi Dijual dengan Rp 60 Triliun!

0
464
yahoo
Copyright ©Yahoo

Yahoo Akhirnya Resmi Dijual dengan Rp 60 Triliun!

Indowarta.com – Akuisisi operator seluler Verizon atas Yahoo resmi rampung, terpatnya pada Selasa 13 Juni 2017 lalu waktu AS, menyusul persetujuan dari para pemegang saham.

Dengan rampungnya akusisi bernilai 4,5 miliar dollar AS atau hampir Rp 60 triliun itu, aneka property, seperti Sport dan Finance, akan menjadi bagian dari unit baru bernama Oath di Verizon.

Diketahui Oath juga menaungi sejumlah brand lain seperti AOL, TechCrunch, dan Huffing Post. President of Media and Telematics Verizon, Marni Walden mengatakan, rampungnya transaksi ini merupakan langkah penting dalam menumbuhkan perusahaan media digitalnya ke skala global.

Baca Juga Berita Terheboh: Data Dibobol, Pengguna Yahoo Harap Lakukan Tahap Ini !

Sementara itu, usai sebagain propertinya diberli Verizon, kini yang tersisa dari Yahoo adalah aset kepemilikan sebesar 15 persen di Alibaba Group Holding Ltd, 36 persen di Yahoo Japan Corp, uang tunai, sejumlah investasi minor, dan Excalibur IP yang memiliki paten.

yahoo
Copyright ©Yahoo

Aset-aset Yahoo itu kemudian dinamai ulang menjadi Altaba Inc yang dipimpin oleh Thomas Mclnerney sebagai CEO. Bos Yahoo sebelumnya Marissa Mayer, turun dari jabatannya. Mayer dipecat atau meninggalkan perusahaan dalam waktu setahun pasca akuisisi, ia dijanjikan pesangon senilai 23 juta dollar AS atau setara dengan Rp 307 miliar.

Nama Altaba sendiri kabarnya merupakan gabungan dari kata ‘alternate’ dan ‘Alibaba’, mengaku kepada sebagian kepemilikan Yahoo atas Alibaba. Atau dengan kata lain, akuisisi Verizon atas Yahoo membelah perusahaan tersebut menjadi dua entitas, yakni Yahoo berisi unit bisnis yang dibeli Verizon, dal Altaba yang memiliki sisa aset Yahoo.

Baca Juga Berita Terkini: Tak Hanya Yahoo, Microsoft Juga Pernah Tawar FB Dengan Nilai yang Fantastis Lho !

Kendati kini telah rampung, rupanya mash ada pekerjaan rumah pasca akuisisiVerizon atas Yahoo, yakni perampingan perusahaan. Yahoo dan Verizon diperkirakan akan merumahkan 2.100 orang atau 15 persen tenaga kerjanya.

Yahoo sendiri kini memiliki pengguna sebanyak 1,3 miliar. Di bawah Verizon, angka tersebut diharapkan mampu tumbuh menjadi 2 miliar pada 2020 mendatang.

Produk-produk internet dari Yahoo sendiri, seperti seach engine, blog, dan aneka layanan online lain, bakal terus eksis dan kemungkinan akan tetap memakai nama “Yahoo” saat sudah berada di bawah kepemilikan Verizon.

Baca Juga Berita Terkini: Usai Diakuisisi Verizon, Yahoo Akan Ganti Nama Jadi Altaba ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here