Sebuah Bintang Raksasa Tiba Tiba Menghilang, Apa yang Terjadi?

    0
    1045
    Copyright ©NASA

    Sebuah Bintang Raksasa Tiba Tiba Menghilang, Apa yang Terjadi?

    Indowarta.com – Saat sebuah bintang raksas, N6946-BH1, yang terdapat di galaksi NGC 6946 tiba-tiba hilang pada tahun 2015 lalu. astronom pun kemudian mengarahkan dua mata tertajam manusia, teleskop Hubble dan Spritzer, untuk mencari keberadaannya.

    Namun, apa daya, bintang yang memiliki ukuran 25 kali lipat dari matahari itu sudah hilang tanpa meninggalkan jejak apapun. Diketahui, sebenarnya bintang raksasa tersebut sudah melemah sejak tahun 2009 lalu.

    Maka dari itu, para astronom memonitor galaksi terletak 22 juta tahun cahaya jauhnya dari bumi tersebut menggunakan Teleskop Binokuler Besar di Arizona. Mereka menunggu N6946-BH1 untuk meledak sebagai supernova sebelum akhirnya menjadi lubang hitam.

    Baca Juga Pesawat Luar Angkasa Cassini Menukik Ungkapkan Misteri Antara Saturnus dan Cincinnya!

    Namun, tampaknya N6946-BH1 itu melompati tahap supernova dan langsung menjadi lubang hitam. Para astronom yang mengamati kematian bintang raksasa itu mengungkapkannya dalam studi baru mereka.

    Copyright ©NASA

    Bahwa sebanyak 30 persen bintang raksasa kemungkinan akan menghilang begitu saja tanpa meninggalkan jejak dan menjadi lubang hitam tanpa terdeteksi manusia.

    Studi tersebut ditulid oleh Scott Adams, seorang mantan siswa Ohio State Universty yang meraih gelar doktor. Dalam keterangan pers ia mengatakan, N6946-BH1 adalah satu-satunya supernova gagal yang ditemukannya dalam tujuh pertama survey yang dilakukannya.

    Baca Juga Inilah 3 Fenomena Luar Angkasa yang Sangat Menakjubkan Di Bulan Januari 2017 Ini !

    Selama periode ini, enam supernova normal terlah terjadi pada galaksi NGC 6946. Hal ini menunjukkan bahwa 10 hingga 30 persen bintang mati begitu saja sebagai supernova gagal.

    Meskipun hal itu bertolak belakang dengan pandangan tradisional yang berkata bahwa sebuah bintang hanya bisa mnjadi lubang hitam jika sudah bertransformasi menjadi supernova. Astronom Krzysztof Stanek yang juga menuliskan tersebut berkata bahwa terori baru ini lebih masuk akal.

    Sebab, supernova meledakkan mayoritas lapisan luar bintang dan hanya meninggalkan sedikit massa untuk membentuk lubang hitam raksasa.

    Christopher Kochanek, astronom di Ohio State University dan penulis lain dari studi tersebut menambahkan, jika sebuah bintang ternyata dapat langsung menjadi lubang hitam tanpa melewati masa supernova, maka tak heran jika supernova dari bintang raksasa itu menjadi sesuatu yang langka.

    Sebagai informasi, supernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak dari pada nova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang.

    Baca Juga Berita Terkini: Ada Pesan Rahasia dari Luar Angkasa?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here