Berita Terkini: Puluhan Ribu Kendaraan Mudik Diprediksi Akan Sesaki Tol Brexit!

1
503
Copyright ©Republika

Puluhan Ribu Kendaraan Mudik Diprediksi Akan Sesaki Tol Brexit!

Indowarta.com – Pembangunan jalan tol fungsional Brebes Timur-Batang, Jawa Tengah, sepanjang 106 kilometer diprediksi akan berpengaruh terhadap jumlah kendaraan yang melintas ke Tol Pejagan-Brebes saat arus mudik nanti.

Zulmarlian Iskandar selaku Kepala Cabang Pengelola Tol Pejagan-Brebes-Pemalang memperkirakan akan ada peningkatan jumlah kendaraan sebesar 25 persin dibandingkan musim mudik tahun 2016 lalu.

Dia menmabhakan, musim mudik tahun lalu jumlah kendaraan yang melintasi exit Tol Brebes atau yang dikenal dengan Brexit mencapai 27 ribu per hari. sedangkan pada tahun ini, diprediksi akan mengalami kenaikan hingga 45 ribu kendaraan per hari.

Baca Juga Jangan Lupa, Tiket Penjualan Kereta Api Mudik Dijual Lagi Mulai 14 Juni!

Maka dari itu pihaknya telah menyuiapkan 10 gardu tiket di pintu keluar menuju Tol Brebes-Batang. Gardu tiket tersebut digunakan untuk melayani pembayaran bagi pengendara dari jalan tol sebelumnya. Jadi yang lewat jalan Tol Brebes-Batang tidak dikenakan biaya alias gratis.

Copyright ©Liputan6

Jalur tol tersebut hanya diperuntukkan bagi kendaraan pribadi saja. untuk kendaraan berat seperti bus dan truk dilarang melintas. pasalnya jalan tersebut hanya memiliki ketebalan 10 sentimeter dan tidak bertulang. Sehingga tidak mungkin mampu menampung beban berat kendaran besar.

Saat musim mudik, bus dan truk akan dialihkan ke jalur pantura. Diperkirakan jumlah kendaran yang keluar ke jalur pantura melalui Brexit mencapai 15 hingga 20 ribu.

Baca Juga PT KAI Mulai Jual Lagi Tiket Kereta Api Premium Dan Tiket Tambahan Untuk Mudik H-2!

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga sempat menyatakan bahwa Brexit Timur akan tetap menjadi titik kemacetan arus mudik di Jawa tengah, meski begitu, di prediksi tidak separah tahun lalu. Pasalnya, laju kendaraan di tol tersebut akan dibagi menjadi dua jalur, yakni jalur pantura dan jalan Tol Brebes-Batang.

Di jalur Pantura, kendaraan akan terhambat di pertigaan Brebes Timur. Sedangkan di Tol Brebes-Batang akan terhambat di pintu keluar Kaligangsa. Karena di sana nanti terjadi penyempitan dari jalan tol ke jalan yang lebarnya hanya tujuh meter.

Selain itu, Kapolri juga mengatakan akan menempatkan ribuan personelnya untuk mengatur lalu lintas di Brexit dan sekitarnya saat arus mudik. Tak hanya itu, nanti juga akan ada helicopter yang siaga di Bexit.

Baca Juga Sambut Mudik 2017: PMI Siagakan 328 Ambulan dan 7.810 Tenaga Medis!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here