Tips Mudik Aman Nyaman Dalam Perjalanan Dengan Naik Kereta Api!

    0
    424
    Copyright ©Okezone

    Tips Mudik Aman Nyaman Dalam Perjalanan Dengan Naik Kereta Api!

    Indowarta.com – Salah satu transportai yang masih favorit hingga kini saat mudik lebaran adalah dengan menggunakan kereta api, karena dinilai paling aman, nyaman dan terhindar dari macet. Tak hanya itu, harga tiketnya pun dinilai masih terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

    Sehingga tak heran jika tiket kereta api mudik, sudah terjual habis sejak tiga bulan yang lalu. kenyamanan penumpang kereta api pun mulai dapat dirasakan, apalagi sejak diberlakukannya aturan ketat mengenai pemesanan tiket kereta api.

    Dimana jumlah tiket yang dijual sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia di setiap rangkaian kereta api. Jadi semua penumpang yang memiliki tiket dipastikan akan memperoleh tempat duduk. Kini tak ada lagi cerita orang terjepit di lorong atau toilet kereta api.

    Nah jika kenyamanan sudah didapatkan, keamanan pun seharusnya juga seperti itu. Kali ini kita akan membahas tips mudik agar lebih aman dan nyaman selama perjalanan yang bisa Anda coba terapkan.

    Copyright ©Merdeka

    Berikut ini sederet tips mudik yang perlu diperhatikan:

    Sebelum memulai perjalanan jauh menggunakan kereta api yang memakan waktu 7 jam hingga 12 jam, jaga kodisi tubuh Anda agar tidak sakit. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup agar tidak terlalu capek dalam perjalanan.

    Karena di kereta biasanya akan sulit tidur dikarenakan banyak penumpang, yang terkadang saling berbicara sehingga agak berisik. Namun Anda juga bisa membawa alat penutup telinga, selain mengurangi suara berisik, juga bisa menahan dingin, sehingga membuat tidur Anda semakin nyaman.

    • Berangkat lebih awal

    Tips mudik yang kedua  yakni karena sebagian besar kereta api berangkat pagi dari stasun di Jakarta, maka sebaiknya berangkatlah lebih awal agar tak tertinggal.karena lebih baik menunggu di stasiun dari pada ketinggalan.

    Bahkan ada juga yang datang malam hari dan menginap di stasiun, namun hal itu tidak dianjurkan lantaran keselamatan penumpang dan barang bawaan tak terjamin.

    • Bawa barang seperlunya

    Pastikan barang bawaan tidak melebihi ukuran dan berat maksimal yang ditentukan. Syarat dan ketentuan bagasi kereta api, ukuran maksimal adalah 100 dm dengan dimensi 70 cm, 48 cm, dan 30 cm. Kemudian berat maksimal adalah 20 kg dan itu gratis.

    Namun jika lebih dari 20 kg sampai dengan maksimal 40 kg akan dikenakan biaya tambahan sesuai kelas kereta api. Berat melebihi 40 kg, tidak diperbolehkan dinaikkan ke kereta api, dan disarankan dikirimkan via logistik atau ekspedisi.

    Itu tadi sedikit bahasan tentang tips mudik aman dan nyaman, semoga bermanfat dan selamat menikmati perjalanan !

    Baca Juga PT KAI Mulai Jual Lagi Tiket Kereta Api Premium Dan Tiket Tambahan Untuk Mudik H-2! 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here