Polri Masih Belum Punya Upaya Lain Pulangkan Habib Rizieq Shihab!

0
252
Habib rizieq
Copyright©liputan6

Polri Masih Belum Punya Upaya Lain Pulangkan Habib Rizieq Shihab!

Indowarta.com – Polri sebelumnya mengajukan permohonan red notice terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Namun permohonan terebut ditolak oleh Ses national Bureu (NCB) Interpol Indonesia.

Pasca ditolaknya permohonan red notice Habib Rizieq Shihab tersebut kini Polri belum memutuskan langkah lain yang akan diambil untuk memulangkan Habib Rizieq. Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitombul.

‘Setelah ditolak kami belum menyiapkan langkah lain untuk memulangkan tersangka (Habib Rizieq)’ ujarnya saat ditemui di Jakarta pada Jumat, 16 Juni 2017.

Martinus juga mengungkapkan jika Habib Rizieq dapat diketahui keberadaanya tanpa melalui prosedur Interpol. Cara lain yang ditempuh yakni dengan berkoordinasi dan bekerjasama antar polisi Indonesia dan polisi Arab Saudi (police to police).

Habib Rizieq Shihab
Copyright©merdeka

Namun menurut Martinus cara itu hanya terkait pertukaran informasi untuk mencari keberadaan Rizieq Shihab. Sedangkan jika dilakukan tindakan ekstradisi bukan hak Polri melainkan kewenangan Kementerian Luar Negeri. Perjanjian ekstradisi itu sendiri merupakan kerjasama pemerintah (government to government).

Sementara itu Habib Rizieq Shihab sendiri kini tengah berada di Arab Saudi dan belum juga pulang ke tanah air. Rizieq sebelumnya telah ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya pada 29 Mei 2017 lalu. Maka dari itu dengan ditetapkannya menjadi tersangka kini pihak berwajib tengah berupaya memulangkan pemimpin FPI ini.

Sedangkan terkait dengan beredarnya sejumlah foto tokoh yang betemu dengan Rizieq Shihab tidak ada kaitannya dengan pemulangannya. Martinus  mengatakan jika pihak-pihak tersebut sama sekali taka da kaitannya mengenai pemulangan Habib Rizieq.

Menurutnya sejumlah tokoh yang bertemu dengan Rizieq di Arab Saudi tidak perlu dipanggil dan dimintai keterangan. Hal itu dikatakan karena kepolisian beralasan telah mengetahui keberadaan pemimpin FPI tersebut. ‘Tak perlu di mintai keterangan lah. Kan tidak ada hubungannya dengan perkara dan mereka hanya bertemu’ tutup Martinus.

Habib Rizieq Shihab sebelumnya ditetapkan menjdi tersangka dalam kasus dugaan percakapan berkonten pornografi yang juga melibatkan Firza Husein. Kemudian Polri pun mengajukan permohonan red notice atas Rizieq Shihab kepada Interpol. Namun permohonan tersebut dikemabalikan oleh Interpol karena dinggap tidak termasuk dalam tindak kejahatan yang bisa diterbitkan red notice.

baca juga : Potret Kebersamaan Terbaru Habib Rizieq Shihab dan Zakir Naik di Saudi Arabia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here