Mengenal Kondisi ASD, Status yang Dialami Oleh Anak Cindy Fatikasari!

0
467
Copyright ©Autism West

Mengenal Kondisi ASD, Status yang Dialami Oleh Anak Cindy Fatikasari!

Indowarta.com – Baru-baru ini artis Cindy Fatikasari, mengungkapkan rasa bahabia dan bangga akan kelulusan anak ketiganya yang bernama Omar melalui akun Instagram pribadinya. Omar merupakan anak dengan kondisi autism atau Autim Spectrum Disorder (ASD) namun ia brhasil menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah dasar.

“Menyelesaikan 6 tahun pendidikan akademis di Sekolah Dasar bukanlah hal yang mudah bagi anak dengan ASD (Autism Spectrum Disorder) seperti Omar,” tulis Cindy.

Selain itu, istri dari tengku Firmansyah ini juga memaparkan betapa bersyukurnya dirinya memiliki anak berkebutuhan khusus seperti Omar.

Baca Juga Gigi Berlubang Bisa Pengaruhi Perkembangan Anak Lho!

Kebanyakan orang menyebut kondisi seperti yang dialami omar tersebut dengan autis atau autism saja. ASD merupakan gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, intraksi sosial dan perilaku.

Copyright ©Instagram

Ada beberapa tipe ASD diantaranya adalah gangguan autism (autism disorder), sindrom Asperger’s, dan pervasive developmental disorder not otherwise specified (PDD-NOS). gangguan tersebut bisa ringan, sedang hingga berat.

Berikut ini beberapa karakter anak-anak ASD:

  1. Kesulitas dalam berkomunikasi dan berinteraksi
  2. Perilaku sering kali berulang serta ketertarikan terhadap sesuatu atau aktivitas terbatas
  3. Gejala tersebut biasanya dikenali dalam satu atau dua tahun pertama kehidupan

Baca Juga Awas, ,Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Anak Berlubang Lho ! 

Penting sekali agar anak ASD didiagnosa cepat. Karena terapi sejak dini dapat membuat perubahan besar bagi kehidupan mereka. jika melihat dari data Amerika Serikat, ada satu dari 68 anak dengan ASD. Sementara di Indonesia sendiri ada sekitar 112 ribu anak autism udia 5-19 tahun di tahun 2010 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Faktor penyebab autis pada anak sendiri sangat banyak, berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan autis pada anak:

  1. Faktor genetik atau keturunan

Anggota keluarga yang memiliki riwayat autis, memiliki resiko yang tinggi pula autis dialami oleh sang anak. Maka dari itu jika keluarga memiliki riwayat ini, pastikan menjaga kesehatan saat hamil.

  1. Kelahiran prematur

Kelahiran dini atau prematur rupanyan juga menjadi salah satu penyebab autis. Hal ini karena bayi yang lahir dini belum memiliki organ tubuh yang maksimal.

  1. Virus

Penyebab autis pada anak berikutnya yani karena virus. Virus yang menginfeksi ibu hamil maupun pada anak juga dapat menyebabkan penyakit yang satu ini.

Baca Juga Berbagai Tanda Kanker Payudara yang Sering Diabaikan Oleh Pengidapnya, Waspada!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here