Tips Mudik Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Nyaman dan Kandungan Tetap Sehat!

0
442
Tips Mudik
Copyright©ibudanmama

Tips Mudik Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Nyaman dan Kandungan Tetap Sehat!

Indowarta.com– Menjelang lebaran ini, budaya mudik telah ramai dilakukan oleh mayoritas muslim yang sedang merantau. Tidak terkecuali juga bagi para ibu yang sedang hamil yang tentu saja ingin tetap ikut mudik demi bisa berkumpul dengan keluarga besar.

Tidak hanya secara fisik saja yang akan rentan mengalami masalah, namun mental juga akan menjadi jauh lebih sensitif lagi sehingga keduanya ini perlu hati-hati dan juga dijaga.

Tentu saja harus ada persiapan yang harus dilakukan oleh ibu hamil sebelum melakukan mudik. Tentu saja barang bawaan lebih banyak ibu hamil dibandingkan dengan para wanita yang tidak sedang hamil. Semua ini demi keamanan dan juga kesehatan ibu serta janin di dalam kandungan. Beriukut ini adalah tips mudik bagi ibu hamil :

Tips Mudik
Copyright©sarihusada
  • Transportasi yang nyaman
    ibu hamil mudah merasa lelah pada bagian punggung sehinnga disarankan untuk membawa bantal untuk bersandar. Gunakan transportasi yang nyaman dan menyediakan toilet karena ibu hamil mungkin akan sering ke toilet.
  • Batasi bawaan
    jangan sampai ibu hamill membawa barang bawaan yang banyak. Dengan membawa barang yang banyak, akan bisa menimbulkan masalah kesehatan dari kenyamanan. Kecuali apabila memang suami ataupun teman anda di dalam perjalan ini mau membantu untuk membawakan barang bawaan, tentu saja itu tidak akan menjadi masalah.
  • Hindari stres
    Hindari berbagai hal yang akan bisa menyebabkan stres di perjalanan seperti kemacetan, panas, berdesak-desakan dan yang lainnya. Stres akan memicu terjadinya kontraski hingga akan membahayakan janin. Selain itu bawa bacaan, hiburan ataupun hal yang lainnya yang akan bisa mengalihkan stres yang akan terjadi.
  • Lakukan konsultasi dengan dokter
    sebelum berangkat untuk mudik, mungkin para ibu hamil ini bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sehingga kondisi dari kehamilan ini akan bisa diketahui. Jika memang masih rentan, lebih baik anda mengurungkan niat anda untuk mudik demi keselamatan dan juga kesehatan.

baca juga : 

Kenali Lebih Dekat Apa Itu Leukimia, Jenis Kanker yang Diderita Suami Ririn Ekawati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here