Bos PLN Tegaskan Tak Ada Kenaikan Harga Tarif Listrik!

0
220
tarif listrik
Copyright©detik finance

Bos PLN Tegaskan Tak Ada Kenaikan Harga Tarif Listrik!

Indowarta.com – Kini PT PLN (Persero) memastikan tak ada kenaikan Tarif Listrik untuk golongan yang menggunakan daya 900 VA yang mampu. Bukan kenaikan namun hanya pencabutan subsidi sehingga membuat tarif kembali ke harga keekonomian atau harga normal.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir juga angkat bicara terkait Tarif Listrik ini. Dia mengungkapkan jika selama ini pemerintah telah memberikan subsidi listrik ke seluruh penduduk yang kurang mampu. Namun selama ini pula banyak masyarakat yang tidak berhak mendapat subsidi listrik tersebut.

Dalam catatan PLN menunjukan ada sekitar 45 juta kepala keluarga (KK) yang selama ini mendapatkan subsidi listrik. Jumlah itu diantaranya 23 juta Kk dengan daya listrik 450 VA dan 23 juta KK dengan daya listrik 900 VA.

Sofyan menuturkan jika dari 23 juta pelanggan 900 VA itu hanya 4,05 juta yang berhak mendapatkan subsidi listrik dan sisanya dianggap mampu. ‘Saat dihitung ternyata yang berhak menerima subsidi listrik hanya sekitar 45 jutaan KK dan sisanya dianggap mampu membayar listrik 900 VA’ ujarnya

Tarif Listrik
Copyright©gaikindo

Sedangkan menurut catatan subsisdi Tarif Listrik ini banyak didapatkan oleh kepala keluarga yang tidak berhak mendapatkannya. Jika melihat data Tim Nasional Percepatan Kemiskinan (TNP2K) yang masuk kategori KK miskin dan pramiskin sekitar 23 hingga 24 jutaan. Dengan data tersebut berarti menunjukan ada sekitar 20 juta KK yang semstinya tidak berhak mendapatkan subsidi listrik.

Bos PLN, Sofyan menuturkan tidak tepatnya sasaran pemberian subsidi listrik ini karena pada tahun 2004 pemberian bukan kepada orang miskin namun untuk semua golongan 450 VA dan 900 VA. Dan semakin berjalannya waktu hingga sekarang menurut Sofyan terus mengalami kenaikan dan tidak terasa subsidi listrik mencapai 70 persen.

Subsidi listrik pun akhirnya dicabut oleh PLN sehingga beberapa bulan terakhir ini Tarif Listrik mengalami kenaikan. Sebelumnya PLN melakukan penyisiran setelah mengecek siapa saja yang mendapatkan subsidi. Setelah menyisir ternyata banyak bangunan yang tidak sepantasnya mendapatkan subsidi itu sehingga PLN pun mencabutnya.

Namun kali ini Bos PLN tersebut kembali menegaskan jika tidak ada kenaikan tarif listrik. Menurutnya tarif listrik yang turun disebabkan adanya efisiensi pada tahun 2015 yang dilakukan oleh PLN.

baca juga : Tarif Listrik Naik, Ini Alasan Kenapa Pemerintah Cabut Subsidi Listrik 900 Va!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY