Persiapkan Hal Ini Sebelum Mudik Agar Anak Tak Bosan!

    0
    322
    Copyright ©Liputan6

    Persiapkan Hal Ini Sebelum Mudik Agar Anak Tak Bosan!

    Indowarta.com – Menjelang lebaran, tak sedikit masyarakat yang memilih untuk mudik ke kampung halaman. Tak hanya menggunakan kendaraan pribadi, namun sebagian besar dari mereka juga memilih untuk pulang kampung menggunakan transportasi umum.

    Terkadang perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan hingga 9 sampai 12 jam. Nah perjalanan panjang dan melelahkan saat mudik lebaran ini bisa membuat anak-anak menjadi bosan atau bahkan rewel.

    Jadi sebelum melakukan perjalanan jauh, sebagai orang tua perlu mempersiapkan berbagai kebutuhan sang buah hati, diantaranya adalah mempersiapkan mainan dan permainan agar sang anak merasa senang dan tak merasakan bosan selama perjalanan.

    Baca Juga Awas. .PNS yang Pakai Mobil Dinas Untuk Mudik Akan Segera Diberi Sanksi!

    Tips mudik ini bisa Anda terapkan jika anak sudah lancar berbicara, salah satu permainan yang bisa dilakukan yakni dongeng berkelanjutan. Caranya, ayah atau ibu bisa memulai mengarang dongeng yang imajinatif, kemudian meminta sang anak untuk melanjutkan dongeng tersebut.

    Copyright ©Metrotvnews

    Tak hanya itu, Anda juga bisa mengajak sang anak untuk bermain teka-teki. Jadi sebelumnya, kumpulkan teka-teki lalu cetak di kertas. Saat perjalanan mudik anak terlihat mulai bosan, ajan untuk bermain teka-teki yang sudah Anda siapkan itu.

    Dengan permainan ini ada pengalihan, sehingga anak-anak jadi nggak bosan selama perjalanan. selain kebosanan, durasi mudik yang panjang ditambah dengan kemacetan bisa saja membuat si kecil menjadi rewel di jalan.

    Tangisan dan rengekan sang anak akibat terlalu lama melakukan perjalanan pastinya cukup meresahkan dan menjengkelkan. Untuk mengatasi hal itu, ada trik jitu yang bisa Anda coba untuk menghadapi kerewelan anak selama perjalanan mudik.

    Baca Juga Sambut Mudik 2017: PMI Siagakan 328 Ambulan dan 7.810 Tenaga Medis!

    • Putarkan film kesukaan sang anak

    Anak bisanya susah untuk duduk dengan tenang di dalam kendaraan. Jadi, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan memberikan film favoritnya.

    • Berikan mainan dan buku cerita

    Dalam perjalanan yang memakan durasi panjang penting untuk memberikan ruang atau temoat sendiri untuk si kecil duduk dengan nyaman. Tempatkan juga bberapa mainan dan buku cerita kesuakaan si kecil dalam tas ranselnya agar bisa dimainkan dan dibaca selama perjalanan mudik.

    • Berikan makanan atau minuman kesukaan

    Tips selanjutnya yakni jika Anda tak melakukan perjalanan mudik melalui udara, sesekali berhenti di mini market dan belikan si kecil makanan, entan itu permen, es krim atau jus buah kesukaannya. Ini adalah salah satu cara agar anak tetap merasa nyaman an senang selama perjalanan mudik.

    Baca Juga Sambut Lebaran 2017, Pemerintah Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here