Geger Sejarah, Benarkah Gajah Mada Adalah Syaikh Gaj Ahmada?

0
379
Gaj Amada
Copyright©sidomi

Geger Sejarah, Benarkah Gajah Mada Adalah Syaikh Gaj Ahmada?

Indowarta.com – Dalam media sosial tak pernah sepi dengan selentingan atau mengklaim seseorang bahkan benda apapaun yang membuat kehebohan. Seperti yang kini tengah terjadi yakni para pengguna media sosial dihebohkan dengan pembicaraan mengenai Gaj Ahmada atau yang sering dikenal sebagai Syeikh Ahmada.

Gaj Ahmada yang benama asli Abu Fatih Gaj Ahmada Al Majjah Fahid Darussalam ini dihubung-hubungkan dengan panglima kerajaan Majapahit yakni Gajah Mada. Mulai Kamis, 15 Juni 2017 warganet menyebutkan jika ketiga nama itu merujuk pada satu orang yang sama yakni Gajah Mada.

Bukan hanya itu nama Gaj Ahmada terlihat menjadi topik terpopuler di media sosial Twitter hingga Jumat, 16 Juni 2017. Sosok tersebut disebut-sebut sebagai nama asli sang patih Majapahit dan mereka menilai jika para sejarahwan salah dalam mengeja tulisan.

Warganet menilai jika arkeolog dan fisikolog salah dalam mengartikan aksra Pallawa era Majapahit. Mereka pengguna media sosial menilai jika tulisan tersebut seharusnya dibaca ‘Gaj Ahmada’ bukan yang di kenal sekarang yakni ‘Gajah Mada’.

Gaj Amada
Copyright©suara

Selentingan oleh pengguna media sosial itu menjadi viral karena membahas mengenai keabsahan nama ‘Gaj Ahmada’. Nama tersebut menurut mereka ditulis dalam satu paragraf seperti halnya tulisan yang diunggah akun facebook milik Arif Barata.

‘Patih Gajah Mada terkenal dengan Sumpah Palapa dan Gajah Mada merupakan seorang muslim yang bernama asli Gaj Ahmada hanya saja saat itu orang Jawa sulit mengucapkan. Mereka menyebut Gajahmada untuk memudahkan pengucapan’

‘Majapahit saat itu mencapai masa puncak pada masa patih Gaj Ahmada dan konon kekuasaannya hingga Malaka. Setelah mengundurkan diri dari kerajaan sosok ini lebih dikenal dengan Syaikh Mada oleh masyarakat sekitar dan pernyataan itu diperkuat dengan bukti fisik berupa nisan makam Gaj Ahmada di Mojokerto’.

Namun unggahan yang menyatakan jika sosok Gaj Ahmada ialah patih kerajaan Majapahit ini justru menajdi bahan lelucon oleh pengguna media sosial lainnya. Menurut mereka terkait makam sang mahapatih itu tak bisa dijadikan tolak ukur keabsahan. Hal itu karena makam yang diklaim menjadi kuburan Gajah Mada lebih dari satu di Indoensia.

baca juga : Inilah Sketsa Wajah Penembak Italia Chandra Kirana Putri!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY