Dikabarkan Lewat FB, Rusia Klaim Pimpinan ISIS Abu Bakar Al Baghdadi Tewas!

0
743
Copyright ©The Independent

Dikabarkan Lewat FB, Rusia Klaim Pimpinan ISIS Abu Bakar Al Baghdadi Tewas!

Indowarta.com – Kementerian Pertahanan Rusia, Jumat (16/6) melaporkan militernya suah mengkonfirmasi bahwa pimpinan ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi dipastikan tewas.

Kepastian itu idasarkan pada hasil pemeriksaan informasi mengenai serangan udara yang dilakukan pada 28 Mei 2017, yang menargetkan pertemuan dewan militer ISIS di pinggiran kota Raqqa, Suriah Utara.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia belum sepenuhnya yakni dan mengaku tngah mengeck informasi tentang serangan udara negaranya di dekat Raqqa, Suriah, yang kemungkinan telah membunuh Abu Bakar Al Baghdadi, akhir Mei lalu.

Namun pada Jumat, Rusia mengonfirmasi bahwa serangan udara itu memang benar telah menewaskan Baghdadi. Serangan diluncurkan pasca pasukan Rusia di Suriah menerima informasi intelijen sangat sensitif bahwa pertemuan dewan pemimpin ISIS sedang direncanakan.

Sementara itu, pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang melawan ISIS mengaku tidak dapat mengkonfirmasi laporan Rusia bahwa Abu Bakar Al Baghdadi mungkin telah terbunuh. Serangan tersebut diyakini telah membunuh beberapa pemimpin senior dan pemimpin level menenah ISIS.

Copyright ©The Independent

Sekitar 30 komandan lapangan dan lebih dari 300 penjaga pribadi mereka tewas dalam serangan itu. Pernyataan itu juga menyebutkan, para pemimpin ISIS telah berkumpul di pusat komando mereka, di pinggir selatan Raqqa, untuk membahas rute mundur militas dari kota tersebut.

AS sebelumnya diberitahu tentang tempat dan waktu serangan tersebut. Militan ISIS hampir mendekatu kekalahan di ibu koita kembar wilayah kelompok tersebut, yakni kota Mosul di Irak dan Raqqa di Suriah.

Cuplikan rekaman gambar publik terakhir Abu Bakar Al Baghdadi menunjukkan dirinya pada tahun 2014 mengenakan pakaian jubah brwarna hitam dan mengumunkan kekhalifahannya dari mimbar Masjid al-Nuri yang dibangun pada abad pertengahan di Mosul.

Dengan nama lahir Ibrahim al-Samarrai, Abu Bakar Al Baghdadi adalah seorang warga negara Irak berusia 46 tahun itu memisakan diri dari Al Qaedah pada tahun 2013 silam, dua tahun setelah penangkapan dan pembunuhan Osama bin Laden.

Rami Abdul Rahman selaku Direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah, meragukan laporan bahwa Baghdadi mungkin telah terbunuh. Dia mengatakan bahwa menurut informasinya, Baghdadi berada di bagian lain Suriah pada Akhir Mei 2017.

Baca Juga Isu ISIS Masuk Ke Indonesia Lewat Perbatasan Sulut Bikin Heboh dan Viral Di Media Sosial!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here