Cerita Samyang Mengandung ‘Babi’ Menurut Penuturan Alfamart!

0
403
Copyright ©Kumparan

Cerita Samyang Mengandung ‘Babi’ Menurut Penuturan Alfamart!

Indowarta.com – Bagi pecinta makanan pedas, pasti sudahtidak asing lagi dengan produk mie instan asal Korea Selatan yang satu ini, mie yang bermerek Samyang. Memiliki porsi yang lumayan lebuh banyak dibandingkan dengan mie biasa, mie ini juga memiliki ciri khas rasa yang lumayan pedas.

Namun, baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengumumkan beberapa produk mie instan asal Korea Selatan yang diduga mengandung ‘babi’. Tentu hal ini menimbulkan kekhawatiran di hati masyarakat, terutama masyarakat muslim.

Lalu, apa kata PT Sumber Alfaria Trijaya atau Alfamart terkait dengan peredaran produk tersebut?

Baca Juga Berita Terkini: Pabrik Makanan Bayi Bebiluck Kena Grebek Tim Gabungan, Produsen Bantah Produknya Mengandung Bahan Berbahaya !

Menurut keterangan yang diberikan oleh Nur Rachman selaku Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk pada Minggu (18/6), Alfamart dan Alfamidi menyatakan bahwa semua produk yang dijual di toko-toko telah mendapatkan izin dan sertifikat resmi dari BPOM sehingga aman dal layak untuk dikonsumsi.

Copyright ©Kumparan

Ia juga menjelaskan, ini termasuk produk dengan mie instan asal Korea ‘Samyang’ dan ‘Nongshim’ yang -tertera di surat edaran penarikan dari BPOM tersebut.  Samyang yang dijual di toko-toko Alfamart dan Alfamidi disuplai oleh PT Korinus, untuk Nongshim disuplai oleh PT Sukanda Jaya.

Sedangakan melihat dari surat edaran BPOM, kedua produk yang wajib ditarik tersebut merupakan produk varian yang disuplai oleh PT Koin Bumi.

Begitu juga dengan variannya, mie asal Korea yang dijual di Alfamart dan Alfamidi ada 3 varian yakni Samyang Hot Chicken Ramen, Samyang Cheese, dan Samyang Hot Chicken Ramen Cup bukan varian U-Dong atau Kimchi  yang tertera dalam surat penarikan BPOM.

Baca Juga Berita Terkini: Cerita dan Isu Nar*oba di Permen Dot yang Ramai di Surabaya!

Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk Samyang yang dijual Alfamart dan Alfamidi tidak termasuk dalam daftar tarik edar BPOM. Selain itu, Samyang yang merupakan produk dari Korea Selatan itu telah mendapatkan sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation Halal Committee (KMFHC).

Nur Rachman sekali lagi menegaskan produk yang dijual di Alfamart dan Alfamidi sudah mendapatkan lisesi resmi BPOM.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya memiliki standar tertentu yang harus dipenuhi sebelum sebuah produk bisa dijual di toko-toko jaringan milik PT SAT, salah satunya tentu adanya sertifikasi dari BPOM yang menyatakan produk itu aman untuk dikonsumsi dan memenuhi syarat legal Indonesia.

Baca Juga Berita Hari Ini : Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Bandung Akhirnya Gerebek Parbrik Snack Bikini di Depok !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY