Kemen PUPR Siap Buka Jalur Untuk Mudik Bila Macet Kian Parah!

0
260
Copyright ©Okezone

Kemen PUPR Siap Buka Jalur Untuk Mudik Bila Macet Kian Parah!

Indowarta.com – Kementerian PUPR berencana membuka jalur alternatif dalam kondisi darurat. Jika terjadi kemacetan parah, maka jalur pembangunan yang bisa dilalui akan dibuka. Hal itu disampaikan oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Ari Setiadi Moerwanto.

“Jadi ada beberapa bukaan ada di Bojong, Warureja, Pemalang jadi nanti bisa dibuka. Dalam emergency akan kami bisa buka jalur-jalur kerja yang biasa kami pakai untuk pembangunan”.

Hal tersebut disampaikan Ari di Wisma Kementerian Pemuda & Olahraga, Jl Gerbang Pemuda No. 3, Senayan, Jakarta pada Minggu 18 Juni 2017. Keadaan emergency menurutnya termasuk saat macet parah. Ia kemudian mencontohkan seperti macet di Brexit pada arus mudik tahun lalu.

Baca Juga Sambut Mudik 2017: PMI Siagakan 328 Ambulan dan 7.810 Tenaga Medis!

Saat kemacetan di tol sudahlebih dari 2 KM, maka kemterian PUPR akan langsung mengambil alih. Itu artinya, mereka akan memberikan alternatif dengan membuka jalur darurat untuk mudik.

Copyright ©Viva

Ari juga memastikan jalur-jalur ligistik dipastikan aman. Selain itu ia juga meminta pemudik untuk melapor ke nomor 081283835757 jika menemukan jalur berlubang. Meski begitu, Ari menyebut poenerangan di jalur-jalur mudik sudah cukup memadai, termasuk jalur selatan.

Menurutnya saat ini sudah banyak kota-kota yang terang, hanya tenpat-tempat tertentu saja yang masih gelap. Selain itu untuk jalur selatan juga tidak ada masalah kecuali yang pantai selatan.

Info terbaru menyebutkan kemcetan terjadi antara jalur Tol Jakarta Outer Ring Road (JOOR) mencapai 4 Km. Hal itu diakibatkan membludaknya antrean peserta mudik 2017 bareng di jalur Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Baca Juga Tips Mudik Murah, Aman Nyaman dan Pastinya Asyik dengan Sepeda Motor!

Selain itu, jalur mudik 2017 ruas Tol Jagorawi, Ciawi menuju Jakarta kini sudah terjadi pmbludakan dari Gunung Puteri. Kejadian akibat imbas acara mudik bersama 2017 menyebabkan volume kendaraan yang meningkat pada mudik kali ini.

Seperti yang telah diketahui, menjelang lebaran kebanyakan masyarakat memilih untuk mudik dan menghabiskan lebaran bersama keluarga tercinta. Sehingga kemacetan pun tak terelakkan. Hingga kini sepeda motor masih menjadi kendaraan favorit para pemudik.

Selain menggunakan kendaraan pribadi sebagian orang ada yang lebih memilih menggunakan kereta api yang dirasa lebih terjangkau dan terhindar dari macet.

Baca Juga Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Bus Umum!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here