KPI Layangkan Surat Peringatan Untuk Acara Ramadhan Ini!

0
371
KPI
Copyright ©jfk

KPI Layangkan Surat Peringatan Untuk Acara Ramadhan Ini!

Indowarta.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kali 08ini akan mengeluarkan surat peringatan kepada sejumlah acara televisi. KPI menyayangkan munculnya menyayangkan munculnya program televisi selama bulan Ramadhan yang bermuatan kekerasan , melanggar norma kesopanan, kesusilaan serta memandang rendah derjat manusia.

Dengan kejadian tersebut akhirnya KPI melakukan evalusi dan menyatakan ada empat program yang melanggar ketentuan. Keempat program yang sarat dengan pelanggaran peraturan yang sudah ditentukan ialah Sahurnya OVJ (trans 7), Pesbukers Ramadhan (Antv), Sahurnya Pesbukers (Antv) dan Keluarga Gunarso (Indosiar).

Sedangkan dalam pemantauan yang dilaksanakan selama 15 Ramadhan tak ada program yang menjurus pada pelanggaran. Justru KPI sangat mengapresisi inisiatif pengelola televisi yang telah membuat sejumlah program khusus bulan Ramadhan yang mempunyai tujuan meningkatkan iman dan taqwa.

Namun kini ditemukan adannya potensi pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Satndart Program Siaran (P3 &SPS) dalam konten siaran Ramadhan pada 15 hari terakhir. Menurut data dari komisi penyiaran Indonesia disebutkan secara umum pelanggaran yang dilakukan ialah berkaitan dengan pasal 9 Standart Program Siaran (SPS) KPI tentang penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan.

KPI
Copyright ©suara

Kemudian ada lagi yakni pasal 15 tentang perlindungan anak dan remaja dan pasal 17 tentang perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu. Selain ketiga pasal tersebut KPI kali ini juga melihat pelanggaran atas pengelolaan program siaran dengan klasifikasi remaja.

Keempat program mulai dari Shurnya OVJ, Pesbukers Ramdan, Sahurnya Pesbukers dan Keluarga Gunarso dinyatakan telah melakukan pelanggaran P3 & SPS. Hal tersebut karena keempat program yang tampil di tiga stasiun televisi itu sarat dengan celaan, makian dan hinaan dalam penayangannya.

Menurut Komisioner KPI Pusat, Dewi Setyarini tindakan pada program acara tersebut tidak semesinya dikaitkan dengan bulan ramadhan. Menurutnya itu tidak tepat karena justru candaan dan lawakan yang dibuat merendahkan martabat manusia.

KPI mencatat sebelumnya juga pernah melakukan teguran kepada sejumlah program siaran. Dengan kejadian ini pihak KPI sendiri meminta agar pengelola televisi memainkan peran aktif di tengah masyarakat dengan menampilkan tindakan positif.

baca juga :  4 TV Nasional Ini Kena Teguran Keras KPI Lantaran Sering Siarkan Iklan Perindo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here