Berita Hot : Benarkah kelompok Abu Sayyaf lepas Sandera 10 WNI Lantaran Ada Tebusan Rp14 M ?

0
1761
abu sayyaf

Berita Hot : Benarkah kelompok Abu Sayyaf lepas Sandera 10 WNI Lantaran Ada Tebusan Rp14 M ?

indowarta.com– Kelompok radikal Abu Sayyaf telah membebaskan sepuluh warga Indonesia yang telah dia sandera pada hari Minggu kemarin 1 Mei 2016. Sepuluh WNI tersebut disandera oleh Abu Sayyaf sekitar kurang lebih lima minggu.

Beberapa sumber dari Filipina menyebutkan bahwa sepuluh sandera WNI tersebut bebas karena ditebus sebesar 50 juta peso atau setara dengan Rp 14 miliar. Namun ketika ditanyai mengenai hal tersebut, milliter Fiipina memilih untuk bungkam.

Sepulu WNI tersebut ditinggalka oleh kelompok radikal Abu Sayyaf di rumah Gubernur Sulu, Abdusakur Tan Jr di Jolo. Ketika itu hari masih siang dan hujan turun dengan lebat. Kini mereka sudah berada di Indonesia dan sudah dibawa ke RSPAD Jakarta. Nama sepuluh WNI tersebut adalah Peter Tonson, Julian Philip, Alvian Peti, Mahmudm Surian Syah, Surianto, Wawan Saputra, Bayu Oktavianto, Reynaldi dan Wendi Raknadian.

Para WNI itu muncul dan terlihat sangat lelah namun dengan semangat yang sangat besar. Sandera WNI tersebut dijamu di rumah Gubernur Sulu. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Kepala Polisi Jolo, Junpikar Sitin bahwa berita itu memang benar adanya.

abu sayyaf

Dalam video yang dirilils oleh kelompok Abu Sayyaf, mereka mengancam bahwa akan membunuh para pelaut Indonesia itu apabila mereka tidak ditebus dengan uang sebesar 50 juta peso. Video tersebut mereka rilis pada tanggal 8 April 2016.

Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) sendiri sebelumnya juga telah meminta semua pihak untuk tidak membayar yang tebusan tersebut. Namun AFP juga menolak mengkonfirmasi mengenai uang tebusan tersebut.

Kelompok penyandera 10 WNI tersebut merupakan faksi dari Abu Sayyaf pimpinan Alhabshi Misaya. Hal tersebut ditegaskan oleh Juru bicara Komando Mindanao Barat Militer Filipina, Mayor Filemon Tan Jr.

Tidak ada yang tahu mengenai uang tebusan tesebut telah dibayarkan apa tidak. Wali Kota Jolo, Hussin Amin sendiri juga mengaku tidak mengatahui apakah pembebasan 10 WNI ini karena ditebusan dibayarkan atau karena hal lain.

baca juga :

Berita Hari Ini : lewat Laman Fb Resmi, Jokowi Unggah Foto 10 ABK Yang Berhasil dibebaskan dari Cengkraman Kelompok Abu Sayyaf !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here