Tak Ingin Tragedi Brexit Terulang, Kemenhub Siap Terapkan Sistem Buka Tutup!

0
411
Copyright ©Republika

Tak Ingin Tragedi Brexit Terulang, Kemenhub Siap Terapkan Sistem Buka Tutup!

Indowarta.com – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan fokus melakukan pembenahan arus mudik lebaran 2017 terutama di Pintu Keluar Tol Brebes Timur (Brexit). Mengingat pada mudik tahun lalu kemacetan hebat terjadi di lokasi tersebut hingga memakan korban jiwa.

Buyung Lalana selaku Staf Khusus Menteri Perhubungan mengatakan tambahan sepuluh pintu keluar dari Brebes Timur hingga Weleri, Kendal akan menjadi salah satu cara agar kemacetan di Brexit bisa terurai.

Selain memang adanya pintu keluar tambahan, Kemenhub juga akan memberlakukan sistem buka tutup nantinya. Buyung mengatakan, tragedi Brexit yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa salah satunya kerena dibukanya semua pintu tol termasuk ke arah tol Cipali.

“Seperti Cikopo hingga martapaa, Cirebon dibuka. Sehingga tidak ada gate lagi untuk menahan arus lalu lintas menuju Jawa Tengah,” ungkapnya.

Copyright ©Kompas

Sistem buka tutup yang akan dilakukan Kemenhub di 10 pintu tol sepanjang perjalanan menuju Brexit juga telah dikoordinasikan dengan Korlantas Mabes Polri.

Diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meminta agar tidak ada lagi kemacetan panjang saat mudik lebaran tahun ini. ia meminta kemacetan panjang hingga 18 Km yang terjadi di Brexit pada tahun lalu tidak terulang tahun ini.

Jokowi mengatakan, apalagi tahun ini sudah ada beberapa ruas jalan tol baru yang sudah selesai dibangun dan siap digunakan. Pesan tersebut disampaikan oleh Jokowi kepada jajarannya saat rapat terbatas mengenai persiapan menghadapi Idul Fitri pada Senin (3/4).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai rapat terbatas mengatakan, “ Dengan telah dibangunnya beberapa ruas jalan tol diharapkan Brexit tahun lalu tidak kembali terjadi. Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi meyakini tidak akan terjadi kembali kemacetan di tol Brexit atau ruas tol lainnya.

Di sisi lain, Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga telah mengupayakan berbagai cara agar tragedi Brexit tidak terulang lagi tahun ini.

“Belajar dari Brexit tahun lalu, saya langsung buat panitia mudik dari tahun sebelumnya. Infrastruktur pun juga dikebut,” kata Ganjar. Selain itu ia juga telah menyiapkan berbagai antisipasi lain.

Baca Juga Tragedi Brexit yang Bisa Dipastikan Tak Akan Terulang Kembali!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here