Korea Utara Dituding Jadi Dalang Serangan Ransomware Wannacry!

0
248
Ransomware Wannacry
Copyright©macpoin

Korea Utara Dituding Jadi Dalang Serangan Ransomware Wannacry!

Indowarta.comRansomware WAnnaCry telah menyerang perangkat komputer pada bulan Mei 2017 lalu. Jelas bahwa serangan siber ini telah menebarkan keresahan tersendiri. Menurut data agensi Kepolisian Uni Eropa, Europol ini telah menyebutkan bahwa Ransomeware Wannacry ini telah menyerang ke lebih dari 300 ribu perangkat komputer di 150 negara.

Baca juga : Berita Terkini: Teror Virus Ransomware WannaCry Adalah Ulah kelompok Hacker Korea Utara?

Bagaimana tidak, Ransomware wannacru ini bisa mengancam semua file di komputer yang diserang ini akan mengunci (enkripsi) semua dokumen yang telah disimpan. Modus dari Ransomware wannacry ini adalah sang hacker ini telah meminta tebusan sebesar USD 300 di dalam bentu mata uang bitcoin kepada para korban. Namun untung saja bahwa penyebaran Ransomwar wannacry ini sudah bisa ditanggulangi dengan sigap.

Walaupun begitu, masih belum bisa dipastikan mengenai siapa pelaku yang ada di baik serangan Ransomware wannacry. Namun badan Intelijen Inggris telah memberikan tuduhan kepada Korea Utara sebagai dalang di dalam serangan Ransomware Wannacry.

Ransomware Wannacry
Copyright©infokomputer

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Ubergizmo pada hari Senin 19 Juni 2017, tudingan tersebut telah didasari oleh beberapa laporan dan juga investigasi yang telah dilakukan oleh divisi keamanan siber Badan Intelijen Inggris yakni National Cyber Security Center atau NCSC.

baca juga : Waspada, Pakar Prediksi Akan Ada Serangan Lagi Usai Ransomware WannaCry!

Mereka merasa percaya bahwa pelaku utama di balik serangan ini adalah kelompok hacker Korea Utara yang bernama Lazarus Group. Kelompok tersebut juga telah berkerja untuk Badan Intelijen Korea Utara yakni Reconnaissance General Bureau (RGB).

Ternyata analisa  yang telah dilakukan oleh Badan Intelijen Inggris ini pun sejalan dengan apa yang telah dilakukan oleh Badan Intelijen Amerika Serikat yakni National Security Agency (NSA). Berdasarkan dari laporan tertulis, mereka juga telah melacak jejak Ransomware Wannacry hingga ke negara yang telah dimpimpin oleh Kim Jong Un itu.

Jika memang negara Korea Utara init telah terbukti sebagai pelaku di dalam serangan ransomware wannacry ini, NCSC sendiri masih belum bisa memberikan alasan mengapa negara terisolasi ini telah melakukan serangan ransomware wannacry.

baca juga : 

Berita Terkini: Menkominfo Sebut Indonesia Sudah Bebas Dari Ransomware Wannacry!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here