BPOM Bekukan Izin Importir Samyang!

0
247
Samyang

BPOM Bekukan Izin Importir Samyang!

Indowarta.com– Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini telah menarik izin edar produk mi asal Korea. Produk tersebut telah ditarik peredarannya karena telah mengandung fragmen DNA babi. Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito telah mengatakan bahwa hal ini sebagai sanksi administratif kepada importir tersebut.

baca juga : Hoax Or Not: Benarkah Ada Kandungan Fluor di dalam Air Mineral Kemasan?

Penny di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada hari Senin 19 Juni 2017 ini telah mengatakan “Kita lakukan penarikan izin edar dan juga meminta importir untuk segera menarik produk tersebut dari pasar. Ini adalah sanksi administrasi yang bisa segera kami lakukan itu”.

Untuk lebih memastikan hal ini, Penny pun telah telah meminta kepada kepala BPOM di setiap provinsi untuk memastikan keempat produk mi yakni Samyang (mi instan U-Dong), Samyang (mi instan rasa Kimchi), Nongshim (mi instan Shin Ramyun Black), dan Ottogi (mi instan Yeul Ramen) sudah tidak beredar di pasaran.

Samyang
Copyright©VIVA

Berdasarkan dari Surat Perintah Penarikan yang telah dikeluarkan oleh BPOM pusat, importir empat produk tersebut adalah PT. Koin Bumi. Penny telah menyatakan bahwa importir tersebut telah menyalahgunakan izin edar yang sudah diberikan oleh BPOM.

Penny mengatakan “Kami lakukan pengawasan di jalur distribusi. Tapi ternyata ditemukan pelanggaran. Maka sanksinya pencabutan izin edar. Dan selanjutnya menarik semua (produk). Dan kita lihat ke depan sanksi lebih tegas apa yang bisa kita lakukan”.

baca juga : Berita Terkini: Cerita dan Isu Nar*oba di Permen Dot yang Ramai di Surabaya!

Penny mengatakan bahwa izin itu akan dibekukan. Penny menegaskan “dia tidak bisa impor tersebut dan kalaupun lakukan impor, pasti sudah masuk daftar blacklist kita”. Penny menyebutkan bahwa pihaknya kini telah memberikan peringatan kepada para importir yang sebelumnya telah melanggar. Namun ternyata pelanggaran ini kembali dilakukan oleh importir yang lainnya.

BPOM pun akan membekukan izin impor untuk keempat produk mi asal Korea ini atar pelanggaran yang sudah mereka lakukan. Tidak hanya itu saja, BPOM ini juga akan memperkuat lagi proses registrasi bagi produk-produk tersebut.

Penny meuturkan “Jadi saya kira, kita akan sementara waktu, produk ini kita bekukan dulu untuk importirnya. Kemudian akan ada pengetatan dalam hal registrasi dan juga sebagai pengetatan juga”.

baca juga : 

Begini Penjelasan BPOM Soal Parasetamol yang Mengandung Virus Berbahaya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here