Berita Hot : 2 Arkeolog Ini Didatangkan Demi Teliti Penemuan Wajan Raksasa Di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah !

0
4923
Penemuan wajan raksasa

Berita Hot : 2 Arkeolog Ini Didatangkan Demi Teliti Penemuan Wajan Raksasa Di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah !

indowarta.comPenemuan wajan raksasa di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah membuat Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah turun tangan ke lokasi. Tidakk hanya mengecek atau milhat kondisi wajan, mereka juga melakukan penyisiran untuk mencari benda-benda lain yang mungkin ada di sekitar.

Kepala BPCB Jawa Tengah Tri Hartono menyebutkan bahwa dua anak buahnya telah meluncur ke tempat lokasi penemuan wajan raksasa. Mereka ditugaskan untu mengecek wajan dan lokasi penemuan.

Tim terlebih dahulu akan menuju ke Jalan MT Haryono, Kutoarjo tepatnya di lokasi penemuan wajan raksasa tersebut. Lahan tempat penemuan tersebut juga akan diteliti oleh tim.

Setelah itu mereka akan menyimpan wajan raksasa tersebut di Museum Tosan Aji Purworejo. Tim berharap akan adanya temuan lain karena di lokasi tersebut tidak hanya ditemukan wajan raksasa, namun juga terdapat tungku.

Penemuan wajan raksasa

Tri Hartono menyebutkan bahwa benda serupa juga pernah ditemukan di Getas dan Jatirejo, Suruh, Kabupaten Semarang. Namun pada saat itu penemuan bukan merupakan wajan, melainkan berbentuk bejana. Bejana sendiri berfungsi untuk memasak dan juga untuk alat menyimpan.

Wajan raksasa tersebut ditemuakan oleh Widodo sang pemilik lahan ketika dia akan membangun ruko pada beberapa hari lalu. Wajan itupun sudah dipindahkan dari lokasi penemuan ke Museum Tosan Aji pada hari Minggu 1 Mei 2016 kemarin. Namun pada bagian tepi wajan mengalami pecah. Masih belum diketahui apa penyebab pecahnya wajan tersebut.

Tri Hartono sendiri menduga bahwa tempat tersebut pernah dijadikan barak sehingga terdapat wajan atau alat masak raksasa. Hingga saat ini masih belum diketahui apakah wajan tersebut termasuk dalam benda purbakala atau bukan.

Berbagai data seperti bentuk, bahan, dan informasi mengenai lokasi sekitar sendiri sudah terkumpulkan. Hingga saat ini masih dalam proses identifikasi. Tim BPCB sendiri kini telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Olah Raga Purwokerto untuk mengidentifikasi wajan tersebut.

baca juga :

Berita Terkini : Inilah 4 Tuntutan Utama Kaum Buruh Saat Peringati Hari Buruh 1 Mei 2016 Besok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here