Mudik 2017: Waspada Titik Rawan Kemacetan di Jawa Barat!

0
280
Copyright ©Viva

Mudik 2017: Waspada Titik Rawan Kemacetan di Jawa Barat!

Indowarta.comMudik 2017 kini tengah berlangsung dan kepolisian pun harus turun tangan untuk mengantisipasi kemancetan. Kepolisian Daerah Jawa Barat akan siaga untuk mengqntisipasi meningkatnya volume kendaraan di tiga titik di wilayah Jawa Barat. Ketiga wilayah tersebut diantaranya ruas tol kawasan Cikopo, Palimanan dan jalur selatan Jawa Barat.

Polda Jawa barat pun memprediksi jika pada Mudik 2017 mencapai puncaknya pada H-2 sebelum Hari Raya Idul Fitri. Hal ini diungkapakan oleh Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Anton Charliyan saat dimintai keterangan mengenai arus mudik tahun ini. Dia menyebutkan jika pihaknya akan memberikan perhatian khusus mengenai masalah kemancetan serta kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran 2017.

Anton menambahkan pihaknya akan meminimalisir dampak dari kemancetan yakni dengan memberlakukan sejumlah skema lalu lintas di jalan tol Cipali, jalur Pantai Utara dan jalur Selatan. ‘Jabar dalam mudik kali ini harus bisa mengatur agar semua tak tertumbu di Brebes’ ujarnya saat apel kesiapan operasi ramadniya 2017, Jawa Barat pada Senin, 19 Juni 2017.

Sementara itu pada Mudik 2017 ini diperkirakan volume kendaraan akan bertambah dari tahun-tahun sebelumnya. Maka dari itu kemancetan lalu lintas serta kecelakaan lalu lintas perlu menjadi perhatian pihak kepolisian. Sedangkan di Jawa Barat sendiri terdapat sejumlah jalur rawan kecelakaan yang harus diperhatikan oleh pemudik.

mudik 2017
Copyright©tempo

Anton menyebutkan sejumlah jalur rawan kecelakaan di Jabar yakni berada di kawasan puncak dan Cadas Pangeran, Sumedang. Untuk mengantisipasi dan pencegahan pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat. Dishub diharapkan dapat memeriksa kelayakan kendaran umum seperti bus yang nantinya akan melintas di jalur rawan tersebut.

‘Kami kali ini meminta agar mereaka para sopir kendaraan umum proaktif mengenai kendaraan masing-masing. Seperti halnya kesehatan mobil seta bahan bakar mobil harus diperhatikan. Kami akan hadir dengan kekuatan sebanyak 21 ribu personel dan untuk instalasi sebanyak 13 ribu’ sambung Anton.

Demi keamanan dan kenyamanan Mudik 2017 Polda Jawa Barat akan mengerahkan sebanyak 21 ribu personel. Ribuan personel itu nantinya akan diterjunkan serta dibagi mulai dari kawasan Cikarang hingga Brebes. Sejumlah personel tersebut natinya akan mengamankan dan menjaga lalu lintas selama mudik lebaran.

baca juga : Sambut Mudik 2017: PMI Siagakan 328 Ambulan dan 7.810 Tenaga Medis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here