Muhammadiyah Berharap Jokowi Tak Batalkan Full Day School!

0
508
Full Day School
Copyright ©tribunjambi

Muhammadiyah Berharap Jokowi Tak Batalkan Full Day School!

Indowarta.comFull Day School merupakan wacana dari pemrintah Indonesia untuk diterapkan tahun depan. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengharapkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak membatalkan program sekolah 8 jam perhari dan dalam 5 hari perminggu.

Mengeni program Full Day School dnegan 8 jam per hari ini digagas oleh Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan Muhadjir Effendi. Dengan program ini Muhammadiyah menilai jika itu patut dilakukan dan penting untuk pendidikan karakter anak sekolah.

Haeder Nashir mengaku sempat mendengar langkah yang akan diambil oleh Jokowi menyikapi program yang dicanangkan oleh mendikbud ini. Presiden Jokowi berencana akan mengganti Peraturan Mendikbud 23 Tahun 2017 tentang program sekolah ini menjadi peraturan presiden.

Namun meskipun begitu Haeder juga mengharapkan agar Jokowi nantinya mengeluarkan Pepres yang tidak bertentangan dengan substanis peren yang dibuat oleh Mendikbud. Dia berharap Jokowi akan menyempurnakan serta memperkuat kebijakan yanag telah diambil Mendikbud tersebut.

Full Day School
Copyright ©nasional kompas

‘Saya dengar ada wacana menaikan Permendikbud menjadi Perpres. Maka dari itu semestinya Pak Jokowi menyempurnakan dan memprkuat kebijakan tersebut dan tidak mengaburkan, melemahkan dan membubarkannya’ ujarnya pada Senin, 19 Juni 2017.

Haedar menilai jika kebijakan Full Day School ini merupakan peningkatan pendidikan  yang dinamis dan progresif serta untuk penguatan pendidikan karakter siswa Indonesia. Kebijakan yang diambil oleh Mendikbud ini dapat menjadi revitalisasi pendidikan nasional guna menanggapi persaingan global.

Mendikbud dianggap telah mengambil kebijakan yang benar dan sesuai dalam mengimplementasi kebijakan Presiden guna mencapai keberhasilan karakter. Sedangakan Mendikbud sendiri dikenal sebagai ahli basis akademik yang kuat dan memiliki pengalaman pendidikan yanag cukup luas.

Sementara itu disi lain pihak Istana Kepresidenan membenarkan jika Presiden Jokowi telah membatalkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 thun 2017. Nantinya akan diputuskan jika sekolah menjadi 5 hari dalam seminggu dan diberlakukan 8 jam per harinya.

Menurut staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan jika rancangan peraturan Presiden tengah disiapkan sebagai ganti peraturan Mendikbud. Namun pihaknya belum bisa memastikan mengenai Perpres akan mengadopsi 8 jam sekolah seperti biasa atau tidak.

Baca juga :  Kemendikbud Tegaskan Penerapan Sistem Sekolah 8 Jam Sehari Akan Diberlakukan Secara Bertahap!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here