Dua Anak SMP Menikah di Usia 15 Tahun Kok Boleh, Begini Penuturan KUA!

0
2252
Copyright ©Facebook

Dua Anak SMP Menikah di Usia 15 Tahun Kok Boleh, Begini Penuturan KUA!

Indowarta.com – Dua siswa SMP asal Baturaja, Sumatera Selatan, mendadak menjadi sorotan. Bagaimana tidak, kedua pasangan belia ini memutuskan untuk menikah di usianya yang masih menginjak 15 tahun. Sehingga dapat dikatakan keduanya masih di bawah umur.

Lantas, sebenarnya bolehkan menikah di usia 15 tahun?

Mereka adalah Amanda Safitri dan Muhammad Fitrah Rizky alias Gaston. Foto pernikahan keduanya pun tampak dipamerkan oleh Amanda melalui akun Facebook pribadinya. Anak SMP menikah ini bak raja dan ratu dalam balutan busana pengantin sembari memamerkan buku nikah.

Baca Juga Heboh Beredar Foto Bocah 12 Tahun Tunangan Dengan Gadis 11 Tahun Dan Berencana Menikah, Ini Video Youtube nya !

Amanda melalui akun facebook pribadinya menuliskan bahwa tepat pada 17 Mei 2017 pukul 19.00 saksi dan penghulu mengesahkan keduanya. Keduanya juga akan berusaha untuk hidup mandiri, pikiran dewasa dan bertahan sampai kakek nenek.

Ia menyebutkan bahwa acara pernikahannya saat itu lancar. Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih atas doa yang diberikan.

Copyright ©Facebook

Jika berpijak pada UU Perkawinan UU Pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974, Amanda dan Gaston sebenarnya belum cukup umur untuk menikah. Disebutkan dalam aturan tersebut bahwa merka yang boleh menikah adalah pria berusia minimal 19 tahun dan wanita berusia 16 tahun.

Kalau begitu, bagaimana bisa pasangan muda ini akhirnya dapat menikah secara sah?

Menurut Sutrisno dari Kator Urusan Agama (KUA) Kelurahan Kebayoran Lama, menikah di bawah batas usia menurut UU boleh saja dilakukan. Selama mereka sudah melalui proses perjanjian dari pengadilan agama setempat.

Jika pengadilan agama telah memberikan lampu hijau, maka pasangan di bawah umur dapat melangsungkan pernikahan secara sah layaknya pasangan pengantin pada umumnya. Sutrisno juga mengatakan, kasus seperti ini tampaknya hal yang biasa terjadi di daerah-daerah kecil.

Baca Juga Berita Terkini : Heboh Di FB, Foto Pasangan Menikah Baru Tamat SD Ini Bikin Netter Tercengang !

Namun netizen pun tetap ramai berkomentar soal anak SMP menikah ini. sebagian dari netizen menyayangkan langkah yang kedua bocah ini ambil.

“Pikiran anda terlalu kelewatan dewasa. Mau dibawa kemana negara jalau masih mua cita”nya NIKAH umur muda -_- ternyata teknologi maju bukan buat manusia berinovasi lebih baik, tapi justru sebalik nya-_- #heran,” ujar salah satu netizen.

“Suami Kerja apa neng? Anak makan apa neng? Kalo sekolah uang dari mana neng? Anak ntr kuliah uang dari mana neng.?,” tanya netter lain.

“Aneh ya sing komen.. dia2 yang nikah knapa kalian ikut repot… mungkin inii smua udah d fkir mateng2 .. lagian semua orang puny prinsip sndiri2 kalii..,” bela ntter lain menanggapi anak SMP menikah.

Baca Juga Berita Terkini: Begini Curhatan Gadis 16 Tahun yang Mau Menikah dengan Pria 66 Tahun !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here