Bolehkah Konsumsi Minuman Berenergi Saat Lelah Berkendara Karena Mudik?

0
243
Copyright ©SINDOnews

Bolehkah Konsumsi Minuman Berenergi Saat Lelah Berkendara Karena Mudik?

Indowarta.comLebaran tinggal menghitung hari, tak sedikit masyarakat yang memilih untuk mudik ke kampung halaman. Meski sebagian besar masyarakat memilih untuk menggunakan transportasi umum, namun tak sedikit masyarakat yang masih memilih untuk menggunakan kendaran pribadi.

Terkadang perjalanan mudik untuk ke sampai tempat tujuan memerukan waktu yang cukup lama, bahkan hingga 9 sampai 12 jam. Sehingga tak heran durasi perjalanan yang panjang tersebut membuat pengendara menjadi mengantuk hingga lelah.

Jadi alangkah baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh, untuk menjaga kondisi agar tetap fit. Namun saat lelah mendera, sebagian orang yang menyetir juga memilih untuk mengonsumsi minuman berenergi.

Kata sebagian orang, minuman tersebut dapat membantu menahan rasa kantuk dan menjadikan tubuh lebih berstamina. Namun sebenarnya  boleh tidak sih mengonsumsi minuman berenergi?

Copyright ©Okezone

Menurut keterangan yang diberikan oleh dokter spesialis gizi klinik, Dian Permatasari, ia tidak menyarankan pemudik untuk mengkonsumsi minuman berenergi. Kalaupun terpaksa mengonsumsi karena menyetir atau mengendarai sepeda motor di malam hari, pastikan maksimal hanya dua botol saja.

Itu karena di dalam minuman berenergi didalamnya mengandung pembangkit stamina. Bila minuman tersebut dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya.

Lalu pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman berenergi ini. Dari pada mengonsumsi minuman berenergi. Lebih baik saat lelah melanda untuk beristirahat.

Misalnya saja sudah berjalan tiga hingga empat jam, sebaiknya istirahat di posko-posko mudik. Lagi pula saat ini posko mudik juga banyak. Jadi, kalau memang waktunya istirahat lbih baik istirahat, jangan dipaksakan untuk terus berkendara dari pada berakibat fatal.

Bagi para pengemudi saat mudik lebih disarankan untuk minum air putih secukupnya karena bisa meningkatkanj konsentrasi. Selain itu juga hindarilah kafein. Kafin memang bisa membuat tenaga ekstra, namun kalau sudah habis tenaga ekstranya maka tubuh akan kembali ke kondisi semual.

Selain itu minuman berkafein tinggi juga memberikan efek buruk bagi jantung. Di balik kesegaran minuman berenergi rupanya menimpan sejumlah potensi bahaya bagi kesehatan.

Terutama bagi yang sering mengonsumsinya seperti jantung berdebar, kejang, stoke, hingga meninggal mendadak. Tidak ada batasan usia kalangan yang beresiko terkena dampak negative minuman berenergi, artinya orang muda pun beresiko.

Baca Juga Tips Mudik Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Nyaman dan Kandungan Tetap Sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here