Jusuf Kalla Sebut Evaluasi Kinerja KPK Adalah Hal yang Wajar!

0
193
jusuf Kalla
Copyright ©poskupang

Jusuf Kalla Sebut Evaluasi Kinerja KPK Adalah Hal yang Wajar!

Indowarta.com – Hak angket yang terus bergulir kini tengah menjadi bahan perseteruan antara DPR dengan KPK. Bahkan lembaga tinggi Dewan Permusyawaratan Rakyat(DPR) mengancam akan menunda anggaran ke KPK jika tidak koorporatif dengan hak angket tersebut.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau kerap disapa JK berbendapat jika DPR tengah menjalankan tugasnya dan meminta hak yang diperoleh melalui hak angket. Sedangkan disisi lain JK menilai jika KPK juga tengah menjalankan Undang-Undang  yang notabennya dibuat oleh DPR.

JK mengungkapakan seperti itu ketika ditemui pada acara buka bersama dengan anggota Polri di PTIK, Jakarta pada Selasa, 20 Juni 2017. ‘Tiap lembaga yang sudah berjalan sudah menjalankan masing-masing tugasnya. Ada setiap evaluasi pada setiap lembaga yang sudah berjalan dan perlu dilakukannya evaluasi terus menerus’ uarnya.

WAJIB BACA :  KPK Sampai Gandeng FBI Demi Telusuri Aliran Dana E KTP!

Jika dilihat KPK sendiri tengah menjalankan tugas yang tercantum dalamundang-undnag yang dibuat DPR untuk memberantas korupsi. Namun bisa saja pada perjalanan tugas yang diemban oleh KPK perlu adanya evaluasi tersendiri dari DPR dan melihat jika ada yang perlu diperbaiki.

Jusuf Kalla
Copyright©detik

Jusuf Kalla mengungkapkan jika pemerintah perlu memerhatikan tujuan utama tugas dari KPK yakni pemberantasan korupsi. Pemerintah tentunya selalu menjaga agar pemberantasan korupsi tetap berjalan namun perlu juga adanya evaluasi.

Dia juga menegaskan jika DPR mempunyai hak penuh untuk membuat undang-undnag termausk mengevaluasinya. Namun menurutnya jika evaluasi dilakukan haruslah menguatkan KPK sebagai lembaga negara yang bertugas memberantas korupsi.

‘DPR kan berhak membuat undang-undang serta DPR pemerintah juga berhak melakukan evaluasi undang-undang itu. Itu dapat saja dilakukan asalkan tidak melemahkan KPK sebagai lembaga pemberantas korupsi’ sambungnya.

WAJIB BACA :  KPK Sampai Gandeng FBI Demi Telusuri Aliran Dana E KTP!

Jusuf Kalla sendiri mengatakan seperti itu karena menanggapi yang tengah terjadi antara KPK dan DPR. Menurutnya upaya hak angket DPR untuk menghadirkan Miryam S Haryani bukanlah untuk pelemahan KPK.

Sedangkan cukup diketahui jika polemik antara DPR da KPK terus memanas lantaran hak angket KPK. DPR sendiri juga mengancam tak akan menurunkan anggaran untuk KPK jika lembaga antirasuah ini tak koorporatif. Seperti yang dikatakan oleh anggota Pansus Hak Angket KPK Muhammad Misbakmun yang menyarankan kepada DPR supaya membekukan anggaran KPK-Polri tahun 2018.

baca juga :  3 Alasan Utama Kenapa Mahfud MD Tolak Hak Angket KPK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here