Kalau Reklamasi Dijalankan, Jakarta Bakalan Banjir Merata?

0
531
Copyright ©Tempo

Kalau Reklamasi Dijalankan, Jakarta Bakalan Banjir Merata?

Indowarta.com – Saat mengisi ceramah shalat tarawih di Masjid Istiqomah, Bukit Duri, Jakarta Selatan pada Selasa 20 Juni 2017 lalu, Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan  menyinggung soal banjir dan reklamasi di Teluk Jakarta.

Anies berjanji akan menuntaskan masalah banjir tersebut. menurutnya, banjir di Bukit Duri disebabkan lantaran aliran desar dari Bogor. Ia mengatakan pada pemilu kemain tidak langsung menghentikan aliran air dari Bogor.

“kebanyakan di sini bukan karena warga Kampung Melayu Kecil yang tidak menata lingkungannya, tapi airnya langsung dari gunung,” ujar Anies.

Baca Juga Berita Terkini: Menko Luhut Minta Anies Sandi Bertanggung Jawab Jika Jakarta Tenggelam Lantaran Hentikan Reklamasi!

Ia juga menjelaskan bahwa banjir yang selama ini menjadi langgan di Jakarta harus dituntaskan dari hulu. Mantan rival Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilkada DKI itu menilai tak perlu ada reklamasi dan tanggul raksasa (giant seal wall) untuk mengurangi banjir di jakarta, melainkan cukup menata aliran sungai.

Copyright ©Republika

Anies memastikan pihaknya tidak akan meneruskan reklamasi tersebut. Menurutnya kalau reklamasi tersebut terus dijalankan justru banjir di Jakarta akan merata.

Anies menjelaskan bahwa proyek reklamasi di Jakarta bukan seperti apa yang dibyangkan oleh kebanyakan orang. Dia beralasan, jika itu diteruskan, air hujan akan terhambat mengalir ke laut.

Usai menjalankan shalat tarawih, Anies tidak menjelaskan lebih jauh kepada awak mdia terkait reklamasi. Ia hanya memastikan setelah dirinya resmi dilantik pada Oktober 2017 mendatang, ia baru bisa bicara soal reklamasi. Setelah oktober pihaknya akan mengatakan mengapa ingin reklamasi itu dihentikan.

Baca Juga Berita Terkini: Anies Sandi Janji Hentikan Reklamasi, Luhut Siap Bujuk Lanjutkan!

Di sisi lain Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk konsistn melanjutkan kebijakan reklamasi Teluk Jakarta.

Pasalnya itu merupakan kebijakan yang telah diputuskan sejak pemerintahan Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto. Seperti yang telah diketahui, Anies-Sandi seblumnya berencana membatalkan proyek rekloamkasi tersebut. Hal itu akan dilakukan pasca Anies-Sandi resmi menjabat.

Selain itu, Anies juga berencana akan mengalihkan fungsi reklamasi yang ada saat ini untuk kepentingan publik, tak lagi untuk kepentingan komersial. Namun Luhut enggan berkomentar lebih lanjut terkait hal tersebut.

Baca Juga Anies Baswedan Berencana Dirikan Pelabuhan di Pulau Reklamasi, Begini Reaksi Djarot!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY