Tenda Baru di Arafah Untuk Jamaah Haji Indonesia Sudah Terpasang!

0
317
Copyright ©Okezone

Tenda Baru di Arafah Untuk Jamaah Haji Indonesia Sudah Terpasang!

Indowarta.com – Tahun ini jamaah haji Indonesia akan menempati tenda baru saat menjalani wukuf di Arafah. Saat ini, pemasangan tenda tersebut terus dilakukan pihak perusahaan yang dikontrak Muassasah Asia Tenggara.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai meninjau kemajuan dari pemasangan tenda jamaah haji Indonesia di Arafah pada Selasa, 20 Juni 2017 lalu.

“Sampai saat ini sudah 60 persen yang terpasang. InsyaAllah, minggu pertama atau kedua pada bulan Juli, pemasangan sudah selesai dan akan diserahkan penggunaannya oleh perusahaan kepada Muassasah Asia Tenggara”.

Baca Juga Berita Terkini: Menteri Agama Minta Calon Haji Segera Lunasi Biaya, Berikut Daftarnya!

Menurut Lukman, tenda Arafah tahun ini jauh lebih baik. Tenda tersebut terbuat dari bahan PVC yang tahan air dan tahan api. Selain itu, bahan PVC juga dapat menginsulator panas sehingga hawa dingin yang ada di dalam tenda tidak mudah keluar.

Copyright ©Viva

Lukman menambahkan, nantinya setiap tenda akan dilengkapi dengan pendingin udara. Sedangkan untuk konstruksi akan menggunakan baja yang kuat sehingga tidak gampang bergeser dan lebih tahan angin.

Tiang-tiang tenda jamaah haji Indonesia itu ditancapkan ke tanah dengan paku besi sepanjang 80-90 cm. jarak antara tiang yang satu dengan yang lainnya yakni 5 m.

Antar tiang ditarik dengan pengikat berbahan aluminium yang kuat sehingga nantinya tenda tidak akan mudah goyah dan mampu menahan tiupan angin yang kencang. Tinggi atap tenda mencapai 3,5 m sehingga cukup menahan panas.

Baca Juga Siap Siap, Jamaah Haji Tahun 2017 Akan Berada di Dalam Suhu Ekstrem!

Staf teknis Haji (STH) I Kantor Urusan Haji NKRI Jeddah Ahmad Dumyathi Basori yang mendampingi LUkman menambahkan, luas tenda baru di Arafah untuk jamaah haji Indonesia pun bervariatif. Ada yang dapat menampung 180 orang, ada pula yang lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak orang lagi.

Ia mengatakan, kualitas tenda yang seperti ini jauh lebih baik dibandingkan dengan tenda yang dgunakan oleh jamaah pada tahun-tahun sebelumnya. Sampai musim haji 2016, tenda jamaah Indonesia bertiang besi seadanya, sejenis pipa yang suah berusia puluhan tahun.

Kemudian terbuat dari bahan kain sejenis karung. Di setiap sudut, diikat dengan tali dan terkadang kawat, sementara di bagian tengah ditopang kayu atau bambu.

Baca Juga Berita Terkini: Raja Salman Tambah Kuota Jamaah Haji Indonesia Sebanyak 52.000 Jamaah!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY