Kenapa Warga Tak Boleh Rangkul Presiden Jokowi Saat Foto Bersama?

0
706
Jokowi
Copyright ©Tempo

Kenapa Warga Tak Boleh Rangkul Presiden Jokowi Saat Foto Bersama?

Indowarta.com – Saat berfoto dengan Presiden RI Joko Widodo atau sering disapa Jokowi warga tidzk diperbolehkan merangkul. Beberapa waktu terakhir beredar video Pasukan Pengamanan Presiden (Panpampres) tengah pontang panting mengatur warga yang hendak berfoto dengan oiranag nomer satu di Indonesia tersebut.

Nampak Paspampres memegangi tangan warga yang sedang berfoto dengan Jokowi. Terlihat jika anggota Paspammpres sangat terlihat yakni mereka harus memegangi lengan warga yang hendak berfoto sembari menunduk agar tidak ikut terfoto.

Ternyata ada alasan mendasar kenapa Paspampres memegangi tangan warga saat akan berfoto meskipun tidak selalu dilakukan. Alasanya yakni agar warga tidak merangkul Presiden dan dari itu justru timbul pertanyaan dari publik. Kenapa warga yang tengah meminta foto tak boleh merangkul Presiden?

Mengenai tidak diperbolehkan merangkul Presiden saat berfoto ini juga dijelaskan oleh Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Kepresidenan, Bey Triadi Machmudin. ‘Ada sejumlah alasan mengapa warga tak boleh merangkul presiden saat foto bersama mulai dari etika dan standart keamanan kepala negara’ ujarnya pada Selasa, 20 Juni 2017.

Jokowi
Copyright ©tribunnews

Bey mengungkapakan merngkul Jokowi yang merupakan seorang Presiden menunjukan etika kurang sopan apalagi jika berbicara mengenai sikap seorang warga terhadap pemimpinnya. ‘Kita orang Timur dan sangat menjunjung tinggi budaya sopan santun. Kami menganggap jika itu dilakukan merupakan tindakan tidak sopan’ ujarnya.

Sedangkan mengenai pengamanan, Paspampres memang ditugaskan untuk mengatur agar tidak terjadi hal-hal yang kurang pantas saat berfoto. Dilakukannya pengamanan tersebut karena ditakutkan jika warga mencoba merangkul dan mengenai kepala presiden serta mengenai anggota badan lainnya.

Kemuidan alasan lain warga tidak boleh merangkul Jokowi saat berfoto mengenai standart operasional prosedur (SOP) keamanan. Bey mengatakan jangankan merangkul Presiden, menyentuh saja tidak diperbolehkan. Namun hal itu berbeda dengan mengajak bersalaman dan salama ini seprtinya menjadi satu-satunya cara untuk dapat menyentuh presiden.

Bye sendiri mengharapakan agar warga mematuhi peraturan atau protokoler yang sudah ditetapkan . protokole tersebut sebenarnya sudah ada sejak presiden sebelumnya, namun ketika Jokowi menjadi Presiden antusias berfoto warga semakin tingga. Hal itu menyebabkan Paspampres harus bekerja lebih untuk menjalankan peraturan itu.

baca juga : Saat Presiden Jokowi Tuliskan Huruf Pertama di Al Quran!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here