Kemungkinan 1 Syawal Jatuh Pada Tanggal 25 Juni 2017!

0
928
Copyright©kupastuntas

Kemungkinan 1 Syawal Jatuh Pada Tanggal 25 Juni 2017!

Indowarta.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperhitungkan 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada tanggal 25 Juni 2017. Akan tetapi kepastiannya menunggu sidang isbat atau penetapan yang digelar oleh Kementerian Agama pada 24 Juni 2017.

Hal itu disampaiakan oleh Kepala Lapan Prof Thomas Djamaluddin melalui pesan singkat pada Selasa (20/6) lalu, “Kemungkinan besar 1 Syawal jatuh pada 25 Juni. Namun, kepastiannya menunggu sidang isbat 24 Juni sesudah magrib”.

Thomas menjelaskan, ketinggain bulan pada tanggal 29 Ramashan atau 24 Juni 2017 sudah di atas 3 derajat. Posisi tersebut dinilai telah memenuhi kriteria masuknya bulan baru dalam kalender Hijriah.

Baca Juga Sambut Lebaran 2017, Pemerintah Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik!

“Ketinggian bulan pada magrib akhir 29 Ramadhan atau 24 Juni sudah di atas 3 derajat. Berdasarkan kriteria yang digunakan pemerintah dan sebagian besar ormas islam, posisi tersebut sudah memenuhi kriteria masuknya awal syawal,” ujar Thomas.

Copyright ©Pinterest

Diketahui, sidang isbat awal Syawal 1438 Hijriah akan digelar pada Sabtu, 24 Juni 2017. Sidang tersebut akan digelar Kemenag melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Sidang penentuan 1 Syawal itu akan digelar di auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI.

“Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Sabtu, 24 Juni 2017, di auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin Nomor 6, Jakarta,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Thambrin.

Baca Juga Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diperkirakan H-3 Lebaran!

Sidang isbat tersebut akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Selain itu, turut hadir pula Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin dan ketua Komisi VIII Ali Taher.

Selain itu, sidang isbat juga akan dihadiri oleh para duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, BMKG, LAPAN, Badan Informasi Geospasial, Bosscha Institut Teknologi Bandung, Planetarium, pakar falak dan ormas ormas Islam, penjabat eselon I dan II Kemenag, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Sidang tersebut akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB. pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat akan disampaikan terlebih dahulu. Mereka akan menjelaskan tentang posisi hilal menjelang Syawal 1438 Hijriah.

Baca Juga Muhammadiyah Umumkan Awal Puasa Bulan Ramadhan Tahun 2017 Sekaligus Hari Raya Idul Fitri!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY