Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Tentukan 1 Syawal 1438 H Besok Sabtu 24 Juni!

0
374
Sidang Isbat
Copyright ©detik

Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Tentukan 1 Syawal 1438 H Besok Sabtu 24 Juni!

Indowarta.com – Sebentar lagi lebaran 2017 akan tiba dan sebelumnya akan ditentukan kapan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri melalui Sidang Isbat. Kementerian Agama melaui Direktur Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat  Islam rencananaya akan mengelar sidang penetapan awal bukan Syawal 1438 Hijriyah.

Sidang Isbat ini nanti akan digelar pada Sabtu, 24 Juni 2017 untuk menentukan awal jatuhnya bulan Syawal 1438 Hijriyah. Sidang ini nantinya akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (menag) Lukman Hakim Syaifuddin.

Menteri Agama nantinya akan dijadwalkan memimpin sidang Isbat bersama dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH ma’ruf Amin serta Komisis VIII DPR, Ali Taher. Melalui mekanisme sidang tersebut nantinya Kemneg akan menentukan umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Mengenai akan digelarnya Sidang Isbat ini juga dijelaskan oleh Direktur Utama Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Thambrin. ‘Sidang isbat penetapan jatuhnya awal bulan Syawal 1938 Hijriyah akan digelar di Auditorium HM. Rusjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH Thambrin No 6 apda Sbtu, 24 Juni 2017’ ujarnya pada Rabu, 21 Juni 2017.

Sidang Isbat
Copyright ©liputan6

Muhammad Thambrin menambahkan jika sidang penetapan ini nantinya akan dihadiri oleh sejumlah pihak. Mereka semua diantaranya Duta Besar Negra sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kemudaian ada lagi yakni Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetrium, Pakar Falak dari sejumlah ormas islam, Pejabat Eselon I serta II Kementerian Agama dan terakhir Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Dengan sejumlah ormas islam dan isntansi nantinya akan diambil keputusan mengenai jatuhnya 1 Syawal.

Sidang Isbat rencananya akan dimulai pada Sabtu sore sekitar pukul 17.00 WIB. Pada sidang nanti pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama akan diperislahkan terlebih dahulu untuk menjelaskan posisi hilal menjelang bulan Syaal 1438 H.

Data dari hisab itu nantinya akan menunjukan ijtimak menjelang bulan Syawal 1438 H jatuh pada hari Sabtu, 24 Juni 2017 sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu ketinggian hilal dipastikan berkisar 2 derajat hingga 4 derajat di seluruh wilayah Indonesia.

baca juga :  Menjelang Sidang Isbat, Kemenag Siapkan Tim Pemantau di 84 Titik Se Indonesia!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY