Muhammadiyah Berpesan Agar Takbir Keliling Tak Ganggu Ketertiban Umum!

0
7416
Takbir Keliling
Copyright ©deetik

Muhammadiyah Berpesan Agar Takbir Keliling Tak Ganggu Ketertiban Umum!

Indowarta.com – Malam hari raya Idul Fitri bisanya dirayakan oleh umat islam dengan berbagai kegiatan salah satunya yakni Takbir Keliling. Muhammadiyah mengatakan jika merayakan takbir dengan cara berkeliling kampung ataupun jalan sejatinya tidak boleh menggangu ketertiban umum.

Sekertaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan jika kegiatan takbiran merupakan bentuk dari syiar islam yang harus tetap dijaga namun tetap dengan tuntutan agama. Maka dari itu perlu diatur mengenai bagaimana cara menjalankan syiar agama dengan baik dalam merayakan takbiran.

Takbir Keliling merupakan salah satu tradisi dari umat islam sebelum merayakan hari raya keesokan harinya. Maka perlu diatur mulai dari tuntunan agama hingga tidak mengganggu ketertiban umum.Jika keduanya terpenuhi maka tak ada yang mempermasalahkan takbir keliling’ ujarnya pada Selas, 20 Juni 2017.

Dia juga menambahkan Takbir Keliling dapat dilakukan oleh masyarakat namun harus memperhatikan peraturan dan tidak menggangu  ketertiban umum. Mu’ti mengatakan takbir dengan keliling masyaralat harus berkoordinasi dengan  pihak kepolisian. Koordinasi tersebut wajib dilakukan supaya mendapat pengamanan dan situasi tetap kondusif.

Takbir Keliling
Copyright ©metropolitan

Dengan koordinasi polisi akan mengikuti kegiatan takbir keliling untuk mengantisipasi terjadinya gangguan masyarakat. Koordinasi yang dimaksudkan yakni penjelasan mengenai rute, waktu serta agenda pelaksanaan takbir.

‘Koordinasi perlu terutama pihak kepolisin. Misalnya menejelaskan rute mana yang tidak boleh dilalui. Kemudian waktu takbiran serta jumlah orang yang mengikuti kegiatan takbiran. Itu dilakukan supaya tidak menimbulkan gangguan bagi masyarkat lainnya’ ujarnya.

Mu’ti juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yanag akan menggelar takbir keliling untuk mematuhi aturan lalu lintas. Meskipun agenda tersebut mengatasnamakan islam namun menjaga dan mematuhi aturan lalu lintas perlu dilakukan.

‘Jangan smpai menabrak atau melanggar aturan lalu lintas meskipun mengatasnamakan kegiatan tersebut sebagai syiar agama’ ujar Mu’ti.

Sementara itu kegiatan Takbir Keliling sendiri sering kali dilakukan oleh masyarakat pada malam hari raya Indul Fitri. Namun terkadang kegiatan takbiran  dengan berkeliling dan turun ke jalan-jalan besar menimbulkan keresahan dan mengganggu ketertiban umum. Maka dari itu pada acara kali ini jika melakukan acara takbir kelilig supaya memerhatikan aturan yang berlaku dan selalu mnejga ketertiban umum.

baca juga :  Polisi dan Pertamina Koordinasi Jaga Pasokan BBM Saat Lebaran 2017!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY